Ini alasan kenapa kulit buah apel sebaiknya dikupas

user
Farah Fuadona 28 April 2016, 16:47 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Buah-buahan menjadi salah satu komoditas yang banyak dijual di supermarket. Sebagian besar produk yang dijual merupakan buah impor. Apel merupakan jenis buah impor yang banyak dijual di pasaran terutaadi supermarket.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung Elly Wasliah menuturkan buah apel impor merupakan salah satu jenis buah-buahan yang dilapisi lilin atau wax. Hal ini dilakukan untuk melapisi permukaan kulitnya agar kondisi buah tetap segar.

"Buah ini kan diimpor dari luar negeri seperti Amerika dan China. Memang tidak bisa dihindarai karena perjalanan cukup lama. Sehingga buah-buahan impor ini ditutupi dengan lilin," ujar Elly di sela sidak yang dilakukan di supermarket yamg berada di Jalan Rajawali, Kota Bandung, Kamis (28/4).

Menurut Elly, meski permukaan kulit buah dilapisi oleh lilin, namun tidak berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi. Meski tidak membahayakan jika itu dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu lama akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Untuk itu Elly mengimbau kepada masyarakat, jika akan makan buah-buahan impor seperti apel, sebaiknya kulitnya dikupas terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar lapisan lilin yang menenpel di bagian kulit tidak ikut termakan.

"Jadi sebaiknya kalau mau makan apel dikupas dulu kulitnya. Meski tidak berbahaya jika dimakan, tapi kalau dikonsumsi terus menerus akibatnya tidak baik untuk tubuh," pungkasnya.

Kredit

Bagikan