Ternyata ada seabrek manfaat memakan batang atau pelepah pisang

user
Mohammad Taufik 26 April 2016, 10:40 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sebagian besar dari kita suka makan pisang, tapi jarang sekali kita memakan batang atau pelepahnya. Tapi di India Selatan, rupanya sejak lama banyak masyarakat yang menjadikan pelepah pisang sebagai bagian dari program diet mereka.

Pada kenyataannya, pelepah pisang ternyata memiliki nilai bergizi. Cara mengkonsumsinya: Potong-potong pelepah pisang lalu taruh dalam mangkuk besar penuh dengan buttermilk. Kemudian tempatkan di lemari es sampai rasa buttermilk berubah menjadi asam.

Hari berikutnya, potong kecil-kecil pelepah pisang lalu blender. Tambahkan merica, garam, bubuk jinten dan dadih. Blender dengan baik dan tambahkan air lalu silakan dikonsumsi. Bila Anda berminat silakan coba.

Seperti dikutip dari Boldsky.com, mengkonsumsi pelepah pisang ini dipercaya memiliki beberapa manfaat, yakni:

Menjaga gula darah tetap stabil

Pelepah pisang ternyata rendah indeks glikemik. Hal itu baik untuk penderita diabetes sebab tidak membuat kadar gula darah Anda melonjak.

Membersihkan infeksi

Kandungan kalium dan vitamin lain yang ada di batang pisang dapat mengobati gejala tertentu, misalnya infeksi saluran kemih.

Bagus untuk proses detox

Jus batang pisang dapat membantu detoksifikasi seluruh sistem tubuh Anda dalam waktu singkat. Sama seperti jus hijau lainnya yang juga dapat membersihkan sistem tubuh Anda.

Mengurangi asam lambung

Jika Anda dapat minum secangkir jus batang pisang setiap pagi, tingkat keasaman lambung Anda bakal berkurang.

Mencegah batu ginjal

Mengkonsumsi pelepah pisang dapat membantu mengurangi tumpukan kalsium di ginjal (penyebab batu ginjal). Pelepah pisang merupakan diuretik yang dapat mencegah batu ginjal.

Sumber serat

Sebagian besar pelepah pisang mengandung banyak serat. Jus pelepah pisang dapat membantu Anda mengontrol keinginan Anda dan membuat Anda merasa kenyang. Jika Anda tertarik dalam penurunan berat badan, cobalah untuk mengkonsumsi jus dari pelepah pisang untuk menjaga perut tetap penuh.

Kredit

Bagikan