Peringatan Earth Hour di Bandung digelar di 70 titik

user
Farah Fuadona 20 Maret 2016, 11:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Gerakan global Earth Hour 2016 digelar oleh warga Bandung pada Sabtu (19/3) malam. Ada 70 titik yg menjadi simbolisasi kegiatan Earth Hour di Kota Bandung.

Salah satu lokasi kegiatan dipusatkan di Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung. Istri Wali Kota Bandung Atalia Praratya, dan  Istri Wakil Wali Kota Bandung Siti Muntamah menandai aksi lokal melakukan switch off atau mematikan lampu dan peralatan elektronik selama satu jam pada Sabtu (19/3), mulai pukul 20.30 sampai 21.30 WIB

Koordinator EARTH HOUR Kota Bandung, Dwi Widya mengatakan gelaran Earth Hour mengusung tema "Shine a Light on Climate Action". Melakui kegiatan ini pihaknya ingin mengkampanyekan kembali terkait gerakan penghematan energi.

"Kami ingin mengingatkan kembali bahwa hemat buka berarti pelit, melainkan bijak dalam menggunakan sumber daya alam yang ada saat ini. Kita pun bisa menabung pasokan energi untuk masa depan," ujar Dwi kepada Merdeka Bandung di sela acara.

Dia mengatakan dalam acara Earth Hour ini ada 70 titik lokasi yang menjadi simbolisasi pemadaman dengan melibatkan 700 relawan. Di tahun kelima, Earth Hour Bandung berharap agar gerakan ini lebih dekat dengan masyarakat Kota Bandung.

"Tentunya melalui aksi dan tindakan nyata serta menggunakan kekuatan massa dalam membuat perubahan serta menjadikan solusi bagi permasalahan lingkungan dalam mencapai tujuan serta konservasi yang berkelanjutan," ungkapnya.

Dwi mengungkapkan salah satu aksi yang dilakukan di tahun ini adalah gelar kelana (roadshow) tentang penghematan energi dan aksi ramah lingkungan ke sekolah di Kota Bandung dari TK sampai SMA.

"Kami melakukan kegiatan edukasi dengan konsep edutainment," ucapnya.

Sementara itu, General Manager Marketing Communication Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung, Bagus Prastowo mengatakan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian program Earth Hour. Beberapa kegiatan tersebut adalah menerapkan 9 aksi earth hour kepada karyawan dan pengunjung Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung, diantaranya bersepeda, menggunakan transportasi umum, serta menanam dan memelihara pohon.

"Aksi lainnya adalah mengurangi dan memilah sampah, menggunakan tumbler, diet kantong plastik, konsumsi produk lokal, menggunakan lampu hemat energi, dan mencabut listrik yang tidak digunakan," ungkapnya

Kredit

Bagikan