Earth Hour 2016 usung 'Shine a Light on Climate Action'

user
Farah Fuadona 16 Maret 2016, 17:15 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tahun ini, gelaran Earth Hour mengusung tema "Shine a Light on Climate Action". Adapun seruan yang digunakan berupa Use #YourPower yang di Indonesia masih adaptasi dengan seruan #IniAksiku.

Earth Hour 2016 merupakan gelaran yang ke delapan di Indonesia. Di Indonesia, salah satu target dalam kampanye Earth Hour adalah terjadinya perubahan gaya hidup, pasca Earth Hour 2015 WWF telah menginisiasi sebuah kampanye konsumen.

"Sesi ini akan membahas hubungan dan keterkaitan antara isu hutan dan kampanye perubahan gaya hidup melalui sebuah kampanye konsumen dan produk yang berkelanjutan," ujar  Koordinator Earth Hour Kota Bandung, Dwi Widya, Rabu (16/3).

Berdasarkan kondisi konsumsi listrik di Indonesia yang masih memperlihatkan pola penggunaan yang boros, maka WWF Indonesia berkomitmen untuk tetap mengusung kampanye ini untuk membangun kesadaran.

Di tahun ke lima, kata Dwi, Earth Hour Bandung berharap agar gerakan ini lebih dekat dengan masyarakat Kota Bandung. Melalui aksi dan tindakan nyata serta menggunakan kekuatan massa dalam membuat perubahan.

"Dalam hal penghematan energi, kami ingin mengingatkan kembali bahwa hemat bukan berarti pelit, melainkan bijak dalam menggunakan sumber daya alam yang ada saat ini. Kitapun menabung pasokan energi untuk masa depan," jelasnya.

Di Bandung, gerakan global Earth Hour ditandai dengan aksi lokal melakukan switch off atau mematikan lampu dan peralatan elektronik selama satu jam pada Sabtu (19/3), mulai pukul 20.30 sampai 21.30 WIB.

Kredit

Bagikan