Sayangi ginjal Anda dan kenali fungsi vitalnya

user
Mohammad Taufik 10 Maret 2016, 10:30 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Padahal ginjal berperan besar bagi kesehatan tubuh. Kerusakan pada ginjal akan menimbulkan gangguan serius pada organ tubuh lainnya.

Ahli ginjal Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Rubin S Gondodiputro, menjelaskan ginjal merupakan organ tubuh yang multi fungsi, antara lain mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Ketua Tim Transplantasi Ginjal RSHS ini menjelaskan, jika tubuh mengalami kelebihan cairan, maka beban jantung akan semakin berat. Sehingga orang yang mengalami kelebihan cairan akan mengalami sesak napas atau sakit.

"Ginjal mengatur itu semua, harus seimbang di dalam badan," terang Rubin kepada Merdeka Bandung.

Menurut dia, pasien ginjal akan mengalami kelebihan cairan. Bentuknya berupa bengkak-bengkak pada anggota tubuh, misalnya mata, kaki, tangan dan lainnya. Meski orang ini banyak minum, namun volume kencingnya sedikit.

Ia menjelaskan, ginjal juga berfungsi membuang sisa-sisa metabolisme tubuh. "Apa yang dimakan dan diminum kita sehari-hari yang baik diserap yang jelek dibuang," tuturnya.

Sisa metabolisme tubuh yang tidak terbuang akan menimbulkan keracunan. Sebab sisa-sisa tersebut hanya menumpuk di dalam tubuh. Gejala keracunan akibat metabolisme tubuh bisa berupa mual atau muntah mirip penyakit mag. "Awalnya kayak mual-mual, ngakunya sakit mag, padahal ternyata sakit ginjal," katanya.

Salah satu bentuk keracunan adalah tingginya kalium yang bisa menghentikan detak jantung. Selain itu, ginjal juga mengatur kadar asam pada tubuh. Jika kadar asam terlalu tinggi akan membuat napas sesak dan merusak sel-sel pada tubuh.

Peran penting ginjal lainnya adalah mengatur tekanan darah. Jika ginjal tidak bisa mengatur tekanan darah, maka tekanan darahnya akan tinggi. Ginjal juga membentuk sel darah merah.

"Kalau sel darahnya tak terbentuk karena kerusakan ginjal, pasien gagal ginjal terlihat pucat," katanya.

Puncak dari gangguan ginjal adalah gagal ginjal atau ginjal terminal. Hal ini terjadi karena kedua fungsi ginjal sudah berkurang. Solusi gagal ginjal adalah cuci darah atau cangkok ginjal.

Manusia sendiri memiliki dua ginjal, masing-masing ginjal bekerja 50 persen. Sehingga dua ginjal tersebut berperan sama besar. Gangguan pada satu ginjal akan memengaruhi kinerja ginjal yang satu lagi.

Kredit

Bagikan