Tangan sering gemetar, lakukan cara ini untuk menghilangkannya

user
Farah Fuadona 22 Februari 2016, 15:10 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Apakah Anda sering mengalami gemetar? Baik di telapak tangan, kaki, wajah dan tubuh.

Gemetar atau tremor adalah getaran atau menggigil yang terjadi secara tidak sadar. Biasanya tremor ini terjadi karena adanya gangguan sistem pada saraf. Sebagian dari kita merasakan gejala ini terutama jika sedang dalam kondisi gugup, cemas atau mengalami syok cukup berat.

Ini ulasan 6 tips dan solusi yang dapat membantu Anda dalam mengurangi gemetar pada yang diambil dari listovative:

1. Kurangi kafein

Cobalah kurangi kebiasaan merokok dan meminum kopi. Pengurangan kafein yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga membantu meningkatkan kondisi tubuh. Kafein dapat merangsang sistem saraf pusat. Selain itu, minuman berakohol juga menyebabkan terjadinya gangguan saraf penyebab tremor.


2. Minum teh Chamomile

Bagi Anda memiliki penyakit insomnisa atau sulit. Mengonsumsi chamomile dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Sehingga begitu Anda mengonsumsinya saraf yang tegang karena rasa cemas akan berangsur-angsur hilang dan Anda bisa tidur dengan nyenyak.

3. Lakukan olahraga tangan

Ambil bola kecil seukuran genggaman tangan Anda. Kemudian remas-remas bola itu selama 10 menit. Lakukan sktivitas ini disela-sela kegiatan Anda, baik di kantor atau di mana pun itu berada. Aktivitas kecil ini dapat mengendurkan otot-otot sehingga lebih rileks.

4. Banyak konsumi makanan tinggi mineral

Rendahnya tingkat magnesium, kalium dan kalsium bisa mengakibatkan tubuh gemetar. Asupan tinggi mineral merupakan elektrolit yang bertanggung jawab untuk transmisi sinyal listrik dari saraf ke otot yang mengurangi timbulnya kejang-kejang. Sumber makanan yang mengandung tinggi mineral ada pada kacang-kacangan, sayuran hijau, keju, salmon, tomat, jus jeruk, ayam dan daging.

5. Konsumsi makanan kaya vitamin

Agar tangan tidak mudah gemetar baiknya Anda mulai mengonsumi makanan yang mengandung vitamin B-12 seperti ayam, ikan, unggas, telur dan susu. Serta vitamin E yang terdapat pada kacang-kacangan.

6. Cek gula darah

Diabetes adalah penyakit paling umum yang dapat mengakibatkan tremor. Tremor terjadi ketika kadar glukosa darah turun secara tiba-tiba. Tetapi mereka juga dapat terjadi karena kadar glukosa darah tinggi. Seperti pada neuropati diabetes yang biasanya melukai serabut saraf dari kaki dan kaki. Neuropati adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi-kondisi yang terkait dengan gangguan fungsi saraf.

Kredit

Bagikan