Manfaat kesehatan memelihara ikan di akuarium

user
Farah Fuadona 29 Januari 2016, 06:33 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Apakah Anda ingin memiliki hewan peliharaan? Tapi tidak memiliki cukup ruang besar untuk berbagi dengan hewan peliharaan atau dana yang minim. Mungkin memelihara ikan di dalam akuarium bisa menjadi alternatif tepat memiliki Anda yang ingin memiliki hewan peliharaan.

Tentunya memelihara ikan di dalam akuarium sangat cocok bagi mereka yang hidup di kos atau apartemen yang melarang memelihara hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Selain sebagai teman, dan cara perawatan yang terbilang murah. Memelihara ikan di dalam akuarium ternyata memiliki efek terapi emosi serta fisiologis bagi seseorang. Sejumlah penelitian menyimpulkan memelihara ikan dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan seseorang, sehingga Anda bisa santai dalam berpikir.

Seperti dilansir dari Indiantimes, ini sejumlah manfaat memelihara ikan dalam akuarium:

Tekanan darah berkurang

Memiliki akuarium di rumah atau kantor dapat mengurangi tekanan darah secara signifikan. Cara ini lebih membuahkan hasil dari pada mereka yang memiliki hobi menghias akuarium dengan tanaman air (aquascape).

Efek menenangkan

Ikan memiliki efek menenangkan, terapi ini cocok diberikan pada anak-anak dengan gangguan hiperaktif. Anak-anak yang mengalami gangguan hiperaktif sulit memusatkan perhatian, konsentrasi, dan cenderung asyik di dunianya sendiri. Menggunakan ikan sebagai media terapi membantu mereka tidur lebih baik di malam hari. Orang di klinik dokter gigi merasa jauh lebih tenang jika ada akuarium sekitar mereka dan bahkan mengurangi rasa sakit kurang selama pemeriksaan gigi

Manfaat pasien Alzheimer

Memiliki akuarium memiliki efek positif pada orang-orang yang menderita penyakit Alzheimer. Pasien yang memiliki akuarium ikan di kamar mereka akan cenderung lebih banyak makan dibanding kamar yang tidak ada akuarium. Bahkan terapi ikan ini mengurangi jumlah suplemen serta obat-obatan yang harus mereka konsumsi.

Stres berkurang

Menatap pergerakan ikan membuat pikiran menjadi lebih rileks, mengurangi ketegangan pada saraf dari gangguan pikiran yang diangkibatkan oleh hal yang menjengkelkan. Pergerakan ikan hampir seperti hipnotis, ini baiki bagi Anda yang ingin bermeditasi dari hiruk pikuknya jadwal kerja.

Kredit

Bagikan