Jangan abaikan rasa sakit pada pinggang

user
Farah Fuadona 28 Januari 2016, 13:03 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Mungkin sebagian dari kita masih mengabaikan rasa nyeri pada area sekitar pinggang. Jangan dianggap remeh, sakit pada pinggang bisa menjadi indikasi masalah kesehatan yang lebih serius. Biasanya orang akan mengeluh sakit pinggang karena ada trauma pada cakram tulang, seperti ketika duduk dalam waktu lama, mengangkat beban berat secara tiba-tiba, membungkuk, menarik. Selain itu, faktor kegemukan bisa penyebab sakit pinggang. Hal karena bagian perut memaksa tubuh memberi tekanan berlebihan pada tulang belakang.

Selain karena faktor trauma pada tulang. Penyebab lain sakit pinggang karena pinggang merupakan rumah bagi beberapa organ vital seperti ginjal dan saluran kemih. Penderita sakit pinggang biasanya terjadi pada orang-orang di usia produktif, yaitu antara usia 29 hingg 49 tahun.

Menurut lamanya, sakit pinggang terdiri dari dua jenis. Sakit pinggang akut dan sakit pinggang kronis. Sakit pinggang akut yaitu terjadi dalam rentang waktu beberapa hari hingga beberapa minggu. Sedangkan sakit pinggang kronis terjadi dalam rentang waktu yang lebih lama bahkan bisa berlangsung lebih dari tiga bulan.

Intensitas sakit pinggang bervariasi mulai dari sakit yang hanya sedikit sampai sakit yang tak tertahankan. Rasa sakit ini bisa timbul secara tiba-tiba tanpa peringatan atau muncul secara perlahan-lahan.

Berikut tips untuk mencegah sakit pinggang yang diambil dari berbagai sumber:

1. Perhatikan sikap tubuh yang benar, sikap tubuh yang tidak baik bisa memberikan beban tubuh pada tulangb belakang.

2. Lakukan peregangan sebelum latihan olahraga atau kegiatan fisik berat, seperti mencangkul, mengangkat beban berat.

3. Ketika berdiri jaga titik berat badan Anda agar seimbang pada kaki. Ketika berjalan pilihlah pijakan yang rata agar tubuh berjalan tegap, kenakan sepatu yang nyaman.

4. Duduklah di kursi yang memiliki sandaran yang baik dan memiliki ketinggian yang tepat dengan posisi duduk. Jika waktu kerja Anda lebih 8 jam dan terbiasa duduk berlama-lama di tas kursi. Sebaiknya selingi kegiatan berjalan-jalan di area kantor Anda. Hal ini berguna untuk peregangan otot ringan guna mengurangi ketegangan.

5. Tidurlah dengan miring untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang Anda. Selalu tidur di permukaan yang cukup padat, jangan terlalu empuk.

6. Mintalah bantuan orang lain bila Anda mengangkat benda yang berat. Jangan mengangkat dengan membungkuk. Angkat objek dengan menekuk lutut Anda dan berjongkok untuk mengambil objek. Jaga punggung lurus dan terus dekatkan objek ke tubuh Anda. Hindari memutar tubuh saat mengangkat. Lebih baik mendorong dari pada menarik ketika Anda harus memindahkan benda berat.

7. Jaga asupan nutrisi, terutama bagi yang sedang menjalankan diet. Diet harian yang cukup kalsium, fosfor, dan vitamin D membantu menjaga pertumbuhan tulang baru.

8. Jangan malas bergerak, lakukanlah olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu tulang serta sendi-sendi Anda melakukan peregangan secara alami. Gaya hidup aktif berkontribusi dalam mencegah nyeri pinggang.

9. Berhentilah merokok, karena merorok mengurangi aliran darah ke tulang punggung bagian bawah dan menyebabkan cakram tulang belakang mengalami degenerasi.

Kredit

Bagikan