Agar perut tak buncit sebaiknya hindari makanan ini

user
Farah Fuadona 25 Januari 2016, 18:11 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bagi sebagian orang penampilan merupakan hal penting, terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan menuntut penampilan luar menarik. Tentunya memiliki perut buncit bisa merusak penampilan Anda.

Berbagai cara pun dilakukan agar si perut buncit pun dapat mengempis, namun tetap saja perut tetap membuncit. Sebenarnya tanpa melakukan diet ketat pun Anda tetap bisa meratakan buncit, yaitu dengan menjaga asupanan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Agar lebih jelas mari simak ulasannya berikut ini yang diambil dari berbagai sumber.

Makanan penyebab perut buncit:

Makanan yang mengandung gula pasir

Seebelum menyantap hidangan, ada baiknya Anda memerhatikan kandungan gizi di dalamnya, baik itu kalori, protein dan vitamin. Makanan yang mengandung gula pasir memiliki banyak kalori dan tidak mengandung vitamin serta mineral. Agar perut tak semakin membuncit hindari penggunaan gula pasir secara berlebihan.

Makanan yang mengandung garam

Sama seperti halnya gula pasir, makanan yang mengandung banyak garam juga tak baik dikonsumsi. Alasaanya karena garam mengandung zat natrium, natrium adalah zat yang disukai air. Retensi dalam tubuh kita akan meningkat. Hal ini tentunya akan menyebabkan tubuh kita menjadi lemas dan lesu usai menyantap makanan yang memiliki kandungan garam tinggi.

Makanan olahan

Menurut sebuah penelitian, terlalu sering mengonsumi makanan olahan bisa menyebabkan depresi. Karena di dalam makanan olahan tidak memiliki kandungan nutrisi yang bisa diserap bagi tubuh. Sehingga mengakibatkan tekanan darah meningkat dan penyebab kolestrol.

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak tinggi yang sulit dicerna dalam tubuh. Itulah mengapa makanan yang digoreng biasanya menyisakkan rasa tidak nyaman di perut usai dikonsumsi. Untuk menghindari perut buncit sebaiknya makanan diolah dengan cara direbus atau dikukus agar tetap terjaga nutrisinya.

Makanan dan minuman berfermentasi

Hampir mirip dengan makanan yang digoreng, keju juga memiliki kandungan lemak tinggi. Jika dikonsumsi secara terus-menerus dalam kadar yang tinggi bisa mengakibatkan timbunan lemak, terutama di daerah bagian perut. Bagi Anda penyuka keju hindari makanan keju secara berlebihan agar badan tetap ideal.

Sama seperti keju, cara pembuatan alkohol juga melalui tahap fermentasi. Selain menyebabkan perut buncit, meminum alkohol justru peningkatan hormon stres. Selain tak baik bagi kesehatan, minuman berakohol mengandung gula tinggi.

Makanan yang mengandung karbohidrat

Tubuh membutuhkan asupan karbohidrat, namun dengan batas wajar atau tidak berlebihan. Mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan bisa mengakibatkan kegemukan karena indeks glikemik yang tinggi. Hindari menyantap nasi dengan lauk mie, sambal goreng kentang dan kerupuk karena makanan ini semuanya mengandung karbohidrat.

Minuman bersoda

Minuman soda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Selain itu minum-minuman bersoda menambah nafsu makan. Sebuah penelitian menyebutkan meminum minuman bersoda terlalu sering bisa menyebabkan linggar pinggang melebar lima kali lebih cdepat dari pada yang tidak mengonsumsi minuman bersoda.

Kredit

Bagikan