Kenapa udara dingin membuat cepat lapar?

user
Farah Fuadona 25 Januari 2016, 14:06 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Jika kamu merasa lapar saat hujan turun, kamu tak sendiri. Udara dingin membuat orang cepat merasa lapar.  Karena udara mengalami perubahan dengan suhu jauh di bawah suhu normal tubuh manusia. Beberapa peneliti mengatakan itu impuls primitif untuk persediaan kalori ketika musim dingin tiba.

Untuk menormalkan suhu tubuh terutama ketika dingin diperlukan bahan bakar atau energi besar. Itulah mengapa ketika udara dingin orang selalu ingin makan.

Menurut seorang ahli jantung di University of Massachusetts Medical School, Ira Ockene, telah lama tertarik mempelajari mengenai cuaca yang dapat mempengaruhi suhu tubuh manusia. Menurutnya selain faktor tersebut, ternyata rasa lapar juga datang dari pikiran-pikiran kita sendiri di musim dingin.

"Kita selalu menciptakan pikiran bahwa makanan dapat membantu kita mengatasi rasa dingin," kata Ockene dalam wawancara dengan NPR.

Selain itu menurut hasil dokemuntasi dalam penelitiannya menunjukkan bahwa asupan kalori cenderung meningkat ketika cuaca berubah menjadi dingin. Orang akan cenderung lebih banyak makan ketika langit terlihat gelap.

"Hal ini tampaknya menunjukkan bahwa kita sangat sensitif terhadap cahaya," ujar Ockene.

Akibatnya tubuh akan mendorong untuk mengirim sinyal lapar. Hal ini akan membuat seseorang makan dengan lahap pada saat berada di daerah dingin atau saat musim dingin.

Kredit

Bagikan