Manfaat besar daun jambu biji muda, salah satunya cocok atasi mencret

user
Mohammad Taufik 25 Januari 2016, 13:30 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Musim hujan biasanya rawan diare. Tak usah khawatir, selama menjaga kesehatan Anda akan terhindar dari penyakit ini. Namun demikian, ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya bila diare menyerang. Beli obat diare di apotik penting, termasuk mengetahui obat herbal alami daun jambu biji muda ini.

Daun jambu biji mengandung banyak zat yang sehat, meliputi antioksidan seperti vitamin C. Daun jambu biji juga kaya akan flavonoid seperti quercetin. Daun jambu muda sebagai obat ini sudah akrab dengan masyarakat di Nusantara sejak zaman leluhur dulu.

Selain untuk obat diare, daun jambu muda juga memiliki khasiat lain, seperti dilansir Boldsky.com, berikut ini beberapa manfaatnya:

Mengatasi diare

Manfaat penting daun jambu biji muda adalah untuk mengatasi masalah diare atau sakit perut lainnya. Tambahkan daun dan akar jambu biji ke dalam air yang mendidih. Saring air dan minum pada saat perut kosong.

Bahkan di kampung-kampung, ketika ada warga terserang mencret-mencret, mereka cukup mencari daun jambu biji muda, lalu memakannya mentah. Cara itu ternyata manjur untuk mengatasi mencret-mencret.

Mengontrol berat badan

Manfaat lainnya untuk membantu menurunkan berat badan. Jika Anda mengonsumsi jus yang terbuat dari daun jambu biji, kandungan pati kompleks yang terdapat di dalam daun jambu biji akan diubah menjadi gula. Dan itu bisa memberi Anda energi tanpa harus banyak makan.

Menurunkan kolesterol

Jus daun jambu biji adalah tonik yang baik untuk hati. Jus itu bila dikonsumsi secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kolesterol baik dalam tubuh.

Mencegah diabetes

Jika Anda memiliki riwayat diabetes dalam keluarga, cara termudah untuk mencegahnya adalah dengan minum teh daun jambu biji secara teratur. Teh ini secara efektif dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh dengan mengurangi aktivitas enzim alpha-glucosidease. Teh dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah tanpa meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

Kesehatan mulut

Teh dari daun jambu biji dapat mengobati masalah mulut seperti sakit gigi, sakit tenggorokan dan penyakit gusi. Anda juga dapat menggiling daun jambu biji kering dan menerapkannya ke gusi dan gigi untuk menyembuhkan masalah sakit gigi.

Mencegah kanker prostat dan bagus untuk produksi sperma

Konsumsi jus daun jambu biji secara teratur dapat mencegah kanker dan pembesaran prostat. Bahkan mengkonsumsi teh daun jambu biji setiap hari dipercaya dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria.

Kredit

Bagikan