Ini penyebab kenapa sudah diet tapi gagal kurus

user
Farah Fuadona 22 Januari 2016, 13:55 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Berbagai cara telah dilakukan untuk menguruskan badan, mulai dari diet, olahrga, mengonsumsi makanan sehat tapi tak kunjung menuai hasil. Lantas kenapa orang gendut sulit kurus?

Menurut blog milik seorang ahli pembentukan tubuh Jason Ferruggia, ada beberapa alasan mengapa orang gemuk sulit menguruskan badan. Berikut beberapa alasan yang diambil dari blog miliknya www.jasonferruggia.com yang dikuti Merdeka Bandung.

Kalori seimbang

Banyak orang menganggap bisa memakan apa saja selama Anda tak memakan karbohidrat. Hal ini kurang tepat,  karena tubuh membutuhkan asupan gizi seimbang.

Itulah mengapa walau sudah melakukan diet keras tapi tetap tidak berhasil. Karena fokusnya hanya pada makanan sehat bukan pada kandungan gizi pada makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kekurangan kalori berakibat produksi hormon tiroid yang berkurang. Tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher bagian depan yang berbentuk seperti kupu-kupu dan seringkali mudah untuk diraba. Gangguan yang terjadi pada kelenjar ini bisa akibat ukurannya atau produksi hormonnya yang tidak seimbang. Kekurangan tiroid berakibat mudah lelah, kulit kering, dan rasa nyeri.

Kurang tidur

Tak hanya kebanyakan tidur, kurang tidur pun juga bisa menyebabkan orang sulit kurus. Hal ini karena ketika tidur manusia memproduksi insulin di dalam tubuhnya.

Insulin diproduksi di pankreas. Insulin adalah sebuah hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat.

Hormon ini bertugas mengatur metabolisme di dalam tubuh yang akan mempengaruhi jaringan tubuh lainnya.

Stres

Ketika stres tubuh akan memproduksi hormon yang dikenal sebagai kortisol. Kortisol adalah hormon steroid dari golongan glukokortikoid.

Kortisol dapat mengubah sistem saraf pusat. Hal ini dapat mempengaruhi perilaku dan aspek psikologis individunya, seperti depresi.

Penderita depresi tanpa terapi hormon glukokortikoid, juga sering menunjukkan peningkatan dan perubahan pola waktu sekresi kortisol yang diikuti dengan perubahan jam biologis. Mengakibatkan peningkatan lemak walau telah melakukan diet dan latihan yang sempurna.

Kredit

Bagikan