Rambutan buah lokal yang bermanfaat bagi kesehatan

user
Farah Fuadona 22 Januari 2016, 06:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Anda patut bangga menjadi orang Indonesia, kenapa? Karena selain memiliki beragam kekayaan adat serta kultur dan kuliner. Indonesia juga dilimpahi sederet tumbuh-tumbuhan yang mengandung manfaat bagi kesehatan. Salah satunya rambutan, buah asli dari negara tropis di kawasan Asia Tenggara ini. Memiliki kandungan gizi tinggi seperti zat besi, kalium serta vitamin C.

Menurut situs The Philippine Pride, di balik kesederhanaan bentuknya. Rambutan memiliki banyak manfaat, apa saja?

Anti kanker

Banyak dari kita belum mengetahui rambutan memiliki kandungan antioksidan. Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Kebangsaan Malaysia menyebutkan rambutan memiliki kandungan antioksidan dan antiproliferasi. Antiproliferasi ini bermanfaat menghambat proses perbanyakan sel abnormal pada kanker. Selain itu kulit dan biji rambutan telah terbukti efektif melawan berbagai jenis kanker.

Meningkatkan kualitas sperma

Memakan rambutan rupanya bisa membantu pria yang bermasalah dengan jumlah sperma sedikit. Kandungan vitamin C pada rambutan ternyata penting untuk pembentukan sperma. Kekurangan vitamin C pada laki-laki mengakibatkan terbatasnya kemampuan sperma untuk berkembang. Pengobatan lemah sperma ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi banyak vitamin c sekitar 500 mg selama sebulan.

Menutrisi rambut

Sejumlah krim rambut terbuat dari ekstra tumbuh-tumbuhan yang bernutrisi bagi rambut. Tak hanya fisiknya saja seperti rambut, ternyata pohon rambutan menyimpan nutrisi bagi permasalahn rambut. Kita bisa membuat sendiri krim rambut dari ekstrak buah rambutan. Ambil beberapa lembar daun rambutan kemudian tumbuk. Jangan lupa untuk menambahkan air dan remas-remas. Cara ini terbukti menjaga kulitas rambut tetap sehat dalam beberapa minggu.  

Membuat kulit lebih muda

Rambutan membantu menjaga kelembabapan kulit agar tetap lembut dan lentur. Hal ini disebabkan rambutan memiliki kadar air yang tinggi. Air membantu dalam hidrasi kulit membantu menjaga kulit halus dan lembut.

Meningkatkan Energi

Jus yang terbuat dari rambutan adalah minuman energi yang sangat baik. Buah ini kaya akan karbohidrat dan protein yang membantu memberikan dorongan energi instan bila dikonsumsi. Kandungan air yang tinggi dari buah juga membantu memuaskan dahaga dan membawa kembali energi yang hilang. Ini sangat cocok untuk pelari maupun atlet setelah beraktivitas.

Mengurangi kadar lemak

Rambutan baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani diet. Rambutan sangat efektif dalam mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Rambutan memiliki kandungan serat tinggi sebanyak 2 gram per 100 gram buah rambuatan. Selain itu buah ini rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi. Tak hanya buah, biji rambutan juga membantu dalam penurunan berat badan. Tapi jangan langsung menelan biji ini, Anda dapat menghancurkan biji buah rambutan sebelum dimakan dan dicampur dengan bahan makanan lain atau dimakan mentah-mentah.
 

Kredit

Bagikan