Ini kiat ampuh kurangi kecanduan pada rokok

user
Farah Fuadona 19 Januari 2016, 10:40 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tak hanya orang dewasa, rokok kini menjadi masalah bagi anak muda. Merokok bisa menimbulkan ketagihan, itulah mengapa perokok sulit untuk menghentikan kebiasaaanya.  

Dokter spesialis Paru Rumah Sakit Paru Rotinsulu, dr. Ruri Intaniaada akan memberikan beberapa tips untuk mengentikan kebiasaan merokok dengan cepat. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Berhenti mendadak

Terkesan mustahil memang bagi sebagian orang untuk berhenti merokok secara mendadak. Namun hal tersebut dirasa ampuh untuk menghilangkan kecanduan Anda terhadap rokok. Berhenti mendadak maksudnya, jika hari ini Anda masih merokok. Esok sebaiknya langsung berhenti total. Bagi sebagian orang cara ini ampuh untuk benar-benar berhenti merokok.

Lakukan penundaan

Pernahkah Anda mencoba menunda merokok? Cara tersebut terbilang ampuh untuk sedikit demi sedikit mengurangi kecanduan pada rokok hingga akhirnya berhenti. Jika keinginan untuk menghisap rokok datang. Ada baiknya untuk mengalihkan keinginan tersebut, yaitu melakukan kegiatan lainnya seperti kembali bekerja atau makan saja.

Dengan melakukan penundaan, lama kelamaan keinginan untuk berhenti merokok akan datang sendirinya karena Anda akan merasa malas untuk menghisap rokok.

Kurangi rokok

Bila dalam sehari Anda bisa menghabiskan sebungkua rokok untuk dihisap. Cara mengurangi rokok ini yaitu mengurangi rokok sehari setiap minggunya. Hal ini akan membantu Anda untuk lama kelamaan berhenti merokok sesuai dengan tujuan awal. Proses yang dijalani memang cukup lama, namun tak ada salahnya untuk mencoba.

Dukungan orang terdekat

Keinginan untuk berhenti merokok tak hanya dari diri sendiri. Anda juga butuh dukungan orang terdekat. Bila Anda tak mendapat dukungan, keinginan berhenti merokok akan sia-sia.

Kredit

Bagikan