Ini bahayanya jika lama tak bersihkan pusar

user
Muhammad Hasits 12 Januari 2016, 16:55 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Orang sering kali mengabaikan kebersihan pusar. Padahal, membersihkan pusar secara teratur akan berdampak baik bagi kesehatan. Sayangnya, banyak mitos menyebut membersihkan pusar malah bikin sakit.

Tentu saja, membersihkan pusar akan bikin sakit itu hanya mitos belaka. Sama seperti anggota tubuh lain, pusar juga butuh dibersihkan. Sebab, dalam pusar banyak berkumpul bakteri, keringat, sabun, kotoran dan debu. Jika tak dibersihkan mengakibatkan infeksi, bahaya bukan.

Seperti merdeka.com lansir dari Women's Health Mag, Selasa (12/1), sebuah penelitian di North Carolina State University bahkan mengungkap bahwa rata-rata dalam pusar terdapat 67 jenis bakteri. Karena itu, agar tidak ada bakteri, sebaiknya rajin dibersihkan. Bagaimana cara membersihkan kotoran pusar yang benar?

Alexandria V. Booth, M.D, ahli kulit dari HealthCare Partners menjelaskan bahwa pusar bisa dibersihkan secara teratur saat mandi, yaitu dengan dibasuh menggunakan air. Namun jika lubang pusar Anda cukup dalam, Anda juga harus membersihkannya sekali seminggu dengan cotton bud menggunakan sabun, air, atau alkohol. Bagi yang memiliki pusar menonjol keluar, membersihkannya saat mandi saja sudah cukup.

Jika pusar Anda sudah sangat lama tak pernah dibersihkan dan tak bisa dibersihkan sendiri, atau bahkan memiliki tanda-tanda infeksi, sebaiknya segera temui dokter atau ahli kulit untuk membersihkannya dan merawatnya untuk Anda. Tak perlu malu, karena ini juga penting untuk kesehatan Anda.

Kredit

Bagikan