Yuk bikin suhu rumah sejuk tanpa AC meski cuaca terik

user
Muhammad Hasits 11 Januari 2016, 12:20 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Siapa yang tak ingin rumahnya terasa sejuk bak tinggal di pegunungan. Tapi tanpa dipasang air conditioneratau AC, sebenarnya Anda bisa bikin rumah sejuk loh.

Bagaimana caranya, banyak hal yang bisa dilakukan. Tanpa AC justru bisa menghemat listrik. Apalagi tarif listrik selalu naik, malah bikin tagihan membengkak kalau pakai AC terus.

Seperti dilansir dari huffingtonpost.ca, Senin (11/1), berikut ini beberapa cara bikin rumah sejuk tanpa AC:

1. Sirkulasi udara

Ini paling penting. Ventilasi menjadi kunci rumah Anda bakal sejuk atau ga pada siang hari. Jika rumah sedikit ventilasinya, pasti akan sangat panas ketika di dalam rumah.

Sirkulasi udara yang cukup akan mengurangi suhu panas di dalam rumah. Ada cara lebih sederhana dan murah yaitu menggunakan kipas angin dekat pintu untuk mengusir hawa panas di dalam rumah.

2. Pasang tirai di kaca

Sinar matahari yang langsung menyinari kaca rumah kita bisa diredam hawa panasnya karena ada tirai. Sehingga, cahaya matahari tidak langsung memantul ke lantai atau tembok rumah.

Cahaya matahari harus tetap menyinari ruangan rumah kita agar di dalam rumah tidak lembap. Tapi, dengan adanya tirai, cahaya matahari tidak langsung menyinari lantai rumah kita.

3. Mematikan peralatan elektronik

Agar temperatur di dalam rumah kita dingin, jangan sering hidupkan peralatan elektronik seperti oven. Jangan juga sering-sering membuka kulkas yang mengakibatkan mesin kulkas bekerja lagi.

4. Tanam pepohonan

Tanami pepohonan di sekitar rumah Anda agar rindang. Banyak pohon akan membantu mengurangi sinar matahari terkena langsung rumah Anda.

5. Banyak minum air putih

Saran ini agar tubuh Anda tidak dehidrasi. Di tengah cuaca yang panas, tubuh butuh asupan air cukup banyak sehingga mampu mengatur suhu tubuh Anda.

Selamat mencoba

Kredit

Bagikan