Yuk, saksikan Java Jazz secara live streaming lewat kamera 360

user
Muhammad Hasits 02 Maret 2017, 19:18 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kemeriahan helatan musik akbar bertitle Java Jazz akan dilengkapi dengan layanan live streaming melalui kamera 360 dari PT Telkom. Layanan ini bisa dinikmati secara gratis.

Bila selama ini PT Telkom dikenal sebagai inkubator pionir untuk startup di Indonesia, kini pihaknya juga mendorong karyawannya menciptakan produk khas rintisan usaha digital tersebut.

Contoh konkretnya sudah dilakukan tim SmartEye dari Divisi Digital Service (DDS) PT Telkom. Mereka digandeng festival jazz internasional, Java Jazz, yang dihelat 3-5 Maret 2016 ini sebagai penyedia layanan live streaming kamera 360.

Salah Satu Founder SmartEye, Nikmatur Rahmah mengatakan, lewat layanan tersebut memungkinkan masyarakat menonton langsung secara daring atau live streaming konser jazz tersebut dari semua sudut gambar.


"Untuk pertama kalinya dan tentu saja ini menjadi pengalaman baru di Indonesia dengan hadirnya live streaming dari sudut kamera 360 derajat menikmati helatan festival jazz internasional," ujar Nikmatur kepada Merdeka Bandung, Kamis (2/3).

Jika menggunakan komputer personal atau PC, kata dia, akses kamera multiarah itu bisa dikendalikan mouse. Jika ingin melihat bagian depan musisi misalnya, maka klik, tahan, dan geser ke arah yang dihendaki sehingga kita bisa melihat sisi lain pemusik yang sedang konser live.

Adapun suara dan tayangan yang dihasilkan tidak ada perubahan apapun sekalipun pengunjung aktif merubah posisi dan arah mouse-nya, sehingga seluruh sudut terjangkau tanpa kehilangan momen musiknya tadi.

Menurut dia, selain PC, seluruh jenis gawai akan bisa merasakan sensasi baru menonton konser musik tersebut khususnya pada 5 dari 11 titik konser yang bekerjasama dengan SmartEye dengan mengakses http://live.javajazzfestival.com/

"Lima titik pengambilan kamera tersebut antara lain pada Stage Outdoor, serta panggung di dalam ruangan yang disebut Hall. Setiap harinya, kata dia, masyarakat bebas mengakses mulai dari pukul 16.00 WIB hingga dinihari tanpa syarat dan ketentuan apapun," paparnya.

Pihaknya mengajak untuk menonton persembahan musik terbaik dengan cara baru. Untuk kenikmatan menonton, disarankan menggunakan jaringan kecepatan tinggi yang sudah teruji. Buffering akan tergantung pada akses internet. Kalau lambat ya lambat, kalau akses baik tidak ada buffering.

Kredit

Bagikan