White pupil dikhawatirkan banyak menyerang anak-anak

user
Farah Fuadona 06 Februari 2017, 09:23 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek mengatakan, tanda putih pada pupil mata atau dikenal dengan nama white pupil dikhawatirkan banyak menyerang pada anak-anak. Terlebih jika deteksi dini tidak dilakukan oleh para orangtua.

Wnite pupil yang terjadi pada orang dewasa merupakan tanda-tanda terjadinya penyakit katarak, sedangkan pada anak tanda putih pasa pupil mata ini bisa menyebabkan kanker mata dan dampaknya bisa menyebabkan kebutaan.

"White pupil itu di tengah mata kita ada putih-putih gitu seperti uban. Kalau ada putih harus dioperasi dan orangnya baru bisa melihat kembali," ujar Nila kepada wartawan saat ditemui dalam acara "108 Tahun Melayani Rumah Sakit Mata Cicendo: Kita Bersama Untuk Mereka", Minggu (5/2).

Deteksi dini adanya retinoblastoma di dalam mata seorang anak yang terlihat warna putih pada pupil matanya atau white pupil ini bisa dilakukan dengan cara memeriksakan mata ke dokter.

"Bahayanya kalau sudah kanker mata karena pengobatan yang terlambat ini bisa menyebabkan kebutaan. Makanya selama bisa dideteksi secara dini, lebih baik dilakukan dengan cepat," jelasnya.

Retinoblastoma merupakan tumor ganas mata yang paling sering terjadi pada anak. Leukocoria atau pupil putih atau seperti mata kucing merupakan tanda klinis awal yang terserig ditemukan oleh orangtua atau orang-orang disekitar pasien. Penyakit ini bukan hanya mengancam penglihatan tetapi juga nyawa.

Kredit

Bagikan