Aher: Soal persiapan PON, tak ada gading yang tak retak

Oleh Muhammad Hasits pada 16 September 2016, 18:38 WIB

Bandung.merdeka.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang juga Ketua Umum Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jabar, Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan awal penyelenggaraan PON berjalan lancar. Sejak Selasa 13 September lalu berbagai pertandingan dari beberapa cabang olahraga (cabor) sudah dimulai, meskipun pembukaan PON baru akan dimulai Sabtu (17/9).

“Alhamdulillah PON berjalan lancar. Pertandingan mulai sejak 13, perolehan medali sudah mulai bermunculan,” ujar Aher dalam jumpa pers di Media Center PON Jabar, Trans Hotel, Bandung, Jumat (16/9).

Menurutnya, segala masalah terkait persiapan PON sudah dibereskan. “Tentu kami tak mengatakan sempurna, tak ada gading yang tak retak,” katanya.

Untuk itulah, sambung dia, pihaknya mendirikan media center yang akan melayani informasi terkait penyelenggaraan PON. Media center juga akan menampung kritik dan saran terkait penyelenggaraan PON yang akan berlangsung sampai 29 September mendatang.

Menurutnya tidak mudah menyelenggarakan acara olahraga multi-event yang terdiri dari 62 venue yang tersebar di 16 kabupaten/kota di Jabar.

“Sebagian venue baru, sebagian lagi memperbaiki venue lama, ada yang bekerja sama dengan pihak ketiga seperti TNI, Polri dan swasta,” bebernya.

Deputi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Bidang Peningkatan Prestasi, Gatot Dewa Broto, mengatakan pihaknya mengapresiasi optimalnya penyelenggaraan PON Jabar.

“Seandainya ada kekurangan, itu bukan kesalahan tapi karena kehati-hatian karena tidak ingin terulang seperti PON Riau yang jangan sampai terjadi di Jabar,” katanya, mengacu pada kasus korupsi yang terjadi pada PON Riau 2012.