Daop 2 Bandung lakukan antisipasi jelang laga Persib Vs Persija

user
Farah Fuadona 22 Juli 2017, 14:48 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, jelang laga derbi Persib Vs Persija yang akan berlangsung hari ini, Sabtu (22/7) di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung akan melakukan serangkaian antisipasi.

Duel sengit yang akan berlangsung hari ini tentu membuat pihak Daop 2 Bandung melakukan antisipasi agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setidaknya ada delapan antisipasi yang dilakukan oleh Daop 2 Bandung sebagai pengamanan pertandingan.

"Kemungkinan besar kereta api yang akan digunakan oleh Jakmania (sebutan bagi penggemar Persija) adalah kereta api serayu dan Gopar, maka memperketat pengawalan pada kereta api tersebut," ujar Joni dari siaran berita yang diterima Merdeka Bandung, Sabtu (22/7).

Jika terdapat pendukung tim sepakbola tersebut yang menggunakan atribut Jakmania, lanjutnya, akan diberikan dua pilihan yakni membuang semua atribut dan mengganti dengan pakaian biasa atau diturunkan dari kereta api.

Pencopotan atribut tersebut akan membuat kondisi jauh lebih baik. Soalnya, dikhawatirkan jika dengan penggunaan atribut tim akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Stasiun Cimekar adalah stasiun yang paling dekat dengan GBLA sehingga selau disinggahi oleh ribuan suporter bola yang datang dan berangkat via kereta api makanya dibutuhkan penjagaan. Kami juga melakukan koordinasi dengan SM PAM Daop 1 Jakarta untuk melakukan filterisasi terhadap pnumpang supporter yang menggunakan atribut Jakmania," jelasnya.

Koordinasi dengan polsek-polsek juga dilakukan untuk mengamankan tiap-tiap fly over seperti di atas Jembatan Cinangka, Gado bangkong, Cimindi, Cimahi dan Pasir Kaliki. Tugasnya mencegah bila ada anggota Viking diatas jembatan yang berniat menjatuhkan batu dari atas terhadap kereta api yang lewat di bawahnya.

"Kami lakukan koordinasi dengan Polsek Cimekar yang ditempatkan pada ring tiga termasuk Stasiun Cimekar sebagai ring tiga untuk akses menuju GBLA. Menempatkan personil pengamanan di Stasiun Cimekar ada 60 Polsuska, 50 Security, tokoh masyarakat cimekar Cimekar, dan anggota dari polsek cimekar," papar dia.

Kemudian pihaknya juga menempatkan petugas-petugas posko di Stasiun Bandung, Kiaracondong, Gedebage, Rancaekek, dan Cicalengka. Terakhir, ada juga larangan bagi pendukung tim sepakbola tersebut yang beratribut Jakmania untuk naik kereta api.

Kredit

Bagikan