Uniknya lampu hias bambu kreasi anak muda Bandung

user
Muhammad Hasits 30 April 2016, 15:54 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Lampu hias merupakan salah satu ornamen yang menjadi penghias ruangan. Ornamen ini biasa dipajang di kamar tidur ataupun ruang keluarga.

Pada umumnya ornamen ini terbuat dari bahan-bahan seperti kaca, kristal dari plastik,ataupun stainless steel. Lalu apa jadinya jika lampu hias terbuat dari bambu?

Kreasi unik ini dibuat oleh sekumpulan anak muda Bandung. Lewat brand mereka 'Awwi', beragam jenis lampu hias yang terbuat dari bambu diciptakan oleh mereka. Sebut saja lampu duduk, lampu tempel maupun lampu gantung.

Rangga Salaka, salah satu pengelola Awwi menuturkan usaha pembuatan lampu hias ini baru dijalani sekitar 1,5 bulan lalu. Bambu yang dimanfaatkan dalam berbagai kegunaannya, salah satunya diaplikasikan dalam pengaplikasian lampu hias dengan memanfaatkan keunggulan dan kualitas bambu.

Menurut Rangga, proses pembuatan lampu hias ini seluruhnya dilakukan secara manual. Sehingga setiap detail pengerjaannya dibuat dari ketelitian tangan seniman.

"Bambu ini tergantung kita mau bikin seperti apa, tergantung desain. Semua dibikin dengan cara manual, tidak menggunakan mesin. Jadi ini sangat membutuhkan keterampilan dari senimannya," ujar Rangga kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Museum Sri Baduga, Sabtu (30/4).

Menurut Rangga, untuk bahan dasar pembuatan lampu hias ini tidak terlalu sulit. Pihaknya menggunakan awi gombong dan awi hideung untuk membuat lampu hias ini. Dalam sepekan, Rangga mengaku dapat memproduksi 20 -25 pieces lampu hias.

Adapun untuk harga satu pieces dijual dengan kisaran harga Rp 200 - 600 ribu. Menurut Ranga harga lampu hias disesuaikan dengan tingkat kerumitan pembuatannya.

"Untuk yang Rp 200 ribu itu untuk lampu duduk atau lampu tempel. Kalau yang harganya Rp 600 ribu itu untuk lampu gantung," ungkapnya.

Adapun untuk pemesanan sendiri kata Rangga dapat dilakukan by order. Dia memanfaatkan media sosial untuk pemasarannya.

Jika Anda ingin melihat-lihat lampu hias kreasi anak Bandung dapat mengunjungi website www.awwi.co.id. atau dapat mengunjungu media sosial, facebook : AWWI Beauty of Bamboo; Twitter @ awwi_bamboo dan instagram @awwi_bamboo

Kredit

Bagikan