Aher ajak masyarakat teladani sifat Nabi Ibrahim

user
Farah Fuadona 13 September 2016, 17:04 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengajak masyarakat untuk meneladani Nabi Ibrahim AS yang berhasil menghilangkang sifat kebinatangan yang ada pada diri setiap manusia. "Ibrahim dan keluarganya yang melegenda menjadi inspirasi kepada kita semua untuk meningkatkan kualitas pribadi kita dengan hikmah berupa ilmu, kebijaksanaan dan akhlak mulia," ungkap Aher melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung, Selasa (13/9).
 
Aher menyampaikan hal itu saat mengisi khutbah Idul Adha 1437 H di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Jalan Dalem Kaum, Bandung  Senin (12/9) lalu.
 
Menurutnya Nabi Ibrahim berhasil membangun ketahanan keluarga dengan fondasi tauhid yang kokoh. Sehingga Hari Raya Idul Adha bagi umat Muslim identik dengan keteladanan Nabi Ibrahim AS.
 
“Beliau adalah suri tauladan dan legenda kehidupan umat yang menjadi inspirasi bagi kehidupan tentang ketauhidan dan kemantapan imannya kepada Allah SWT,” kata politikus PKS ini.
 
Ia mengatakan, keluarga Ibrahim telah berhasil melewati ujian illahi dan keluar sebagai juara. “Mereka berhasil meningkatkan sifat kemanusiaannya dengan keimanan dan mengeliminir sifat kebinatangan, sebagaimana Nabi Ismail yang diselematkan dan diganti domba,” ujarnya.
 
Ia menambahkan, umat membutuhkan keluarga semodel Ibrahim AS yang berhasil menyembelih kebinatangannya serta mampu mengaktualisasikan nilai-nilai illahi dalam dirinya.
 
“Model keluarga Ibrahim ini menjadi inspirasi di tengah realitas peradaban manusia yang dipenuhi sifat-sifat kebinatangan,” katanya
 
Tahun ini Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat menyembelih hewan kurban sebanyak 12 ekor sapi dan 12 ekor domba yang akan dibagikan ke 3.500 sampai 4.000 mustahik (penerima kurban).
 
Sementara kurban di lingkungan Pemprov Jawa Barat tahun ini 92 ekor sapi, terdiri dari 42 ekor berasal dari para pegawai dan 50 ekor dari Baznas Jabar, serta 22 ekor domba yang tersebar ke seluruh wilayah di Jawa Barat.

Kredit

Bagikan