Api PON XIX/2016 mulai dinyalakan

user
Mohammad Taufik 05 September 2016, 17:11 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Api PON XIX/2016 Jawa Barat mulai dinyalakan. Kirab Api PON ini dimulai di Kabupaten Indramayu, selanjutnya akan melewati hampir seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat. Kirab berlangsung mulai Senin (5/9) sampai pembukaan PON, Sabtu (17/9).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menuturkan, api PON yang dikelilingkan tersebut diambil dari api alam yang ada di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

"Api diambil hari ini, kemudian akan dikelilingkan ke berbagai Kabupaten/Kota selama 12 hari, menempuh jarak kurang lebih 1.005,4 kilometer," kata Aher, melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung, Senin (5/9).

Disebutkan, Pelepasan Kirab Api PON XIX dan Peparnas XV dilakukan Gubernur Aher bersama Menko PMK RI Puan Maharani di Alun - alun Kabupaten, Jalan Letjen Sutoyo Nomor 1/E Kabupaten Indramayu.

Peserta pembawa obor PON salah satunya adalah mantan lifter kelas dunia, H Darma, SE (59). Rombongan Darma ditargetkan tiba menuju pembukaan PON di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 17 September mendatang.

Api PON selanjutnya akan diletakan di kalderon GBLA dan akan tetap menyala selama perhelatan PON. nAher mengatakan, salah satu bagian penting dalam rangkaian kegiatan PON XIX dan Peparnas XV Tahun 2016 adalah kirab Api PON.

"Kirab api ini menjadi sangat penting dan sangat strategis karena menjadi momen kegiatan yang melibatkan banyak pihak terkait seperti Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota se- Jawa Barat, para atlet legenda se- Jawa Barat dan partisipasi masyarakat dalam kesuksesan kegiatan besar ini," ujarnya.

Kredit

Bagikan