Final duta bahasa Jawa Barat 2016 berlangsung sengit

user
Muhammad Hasits 24 Agustus 2016, 14:48 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Final Duta Bahasa Jawa Barat 2016 yang berlangsung di ballroom Harris Hotel Festival Citylink Bandung, Rabu (24/8) berlangsung sengit. Sebanyak 30 finalis masuk dalam babak final yang diselenggarakan mulai pukul 12.30 WIB itu.

Kepala Balai Bahasa Jawa Barat Abdul Khak menjelaskan, pemilihan duta bahasa Jawa Barat ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Balai Bahasa Jawa Barat, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Ini merupakan tahun ke 11 penyelenggaraan Duta Bahasa Jawa Barat," ujar Abdul kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Final Duta Bahasa Jawa Barat 2016 di Harris Hotel Festival Citylink Bandung, Rabu (24/8).

Mereka yang lolos pada tahap final ini, kata dia, telah melewati seleksi yang cukup ketat dan panjang. Peserta Duta Bahasa Jawa Barat yang daftar tahun 2016 berjumlah 201 orang terdiri atas 118 putri dan 83 putra.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari berbagai instansi, universitas, dan berbagai jurusan seperti seni, teknik, bahasa, kedokteran, agama, bisnis, psikologi, komunikasi dan lainnya.

"Yang menarik dari kegiatan pemilihan duta bahasa tahun ini adalah banyaknya peserta yang merupakan penduduk Jawa Barat yang berkuliah di luar provinsi atau di luar negeri," tuturnya.

Tahun ini juga, lanjutnya, ada peserta dari Universitas Al-Azhar, Kairo-Mesir yang mengikuti kegiatan pemilihan tahun ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa walaupun peserta menuntut ilmu ke tempat jauh, namun tetap memiliki kecintaan terhadap Jawa Barat.

Kredit

Bagikan