Pemkot Bandung gelar lomba mural kaligrafi di kawasan Saritem

user
Farah Fuadona 16 Juni 2016, 16:40 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menata kawasan lokalisasi Saritem. Salah satu cara yang dilakukan dengan menggelar lomba mural kaligrafi di kawasan lokalisasi yang berada di RW 07 dan 09 Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir.

Camat Andir Nofidi H Ekaputera mengatakan, acara ini bertajuk Saritem Mural Art Festival 2016 (Smart Fest 2016). Kegiatan akan dilangsungkan pada tanggal 18-26 Juni 2016 di Jalan Saritem. Pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 7 Juni.

Lain dari lomba mural biasanya, lomba mural pada SMART Fest ini berbentuk kaligrafi kontemporer yang dilukis di dinding-dinding sepanjang Jalan Saritem. Kaligrafi yang diperlombakan bertema bebas asalkan bukan berasal dari ayat Al-Quran. “Nuansanya huruf arab. Jadi bukan dari ayat Al Quran,” ujar  Nofidi kepada wartawan saat acara Bandung Menjawab yang digelar di Ruang Media, Balaikota Bandung,Jalan Wastukancana, Kamis (16/06).

Kaligrafi dipilih karena selain untuk menyemarakkan bulan Ramadan juga untuk menimbulkan aura dan nilai positif di masyarakat. Pesan yang dibawa melalui kaligrafi tersebut diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

"Konsep smart fest ini diharapkan menjadi pendorong mewujudkan karakter lingkungan sebagai agen perubahan pembangunan wilayah dan agen perubahan karaker masyarakat,"katanya.

Lomba mural kaligrafi di kawasan Saritem
© 2016 merdeka.com/Dian Rosadi

Lomba mural ini terbuka untuk umum, tidak dibatasi oleh usia dan latar belakang pekerjaan. Satu tim lomba maksimal 3 orang "Perlombaan mural kaligrafi berdasarkan desain porto folio yang disampaikan saat pendaftaran kepada panitia lomba," ujarnya.

Pemenang lomba akan mendapat uang penghargaan dan piagam penghargaan. Untuk juara 1 Rp 2,5 juta, juara 2 Rp 2 juta dan juara 3 Rp 1,5 juta

"Lomba ini bukan diperuntukkan bagi orang Bandung saja. Peserta yang pertama mendaftar itu asal Bogor,” ungkap Novidi

Juri yang dipilih pun tidak sembarangan. Mereka berasal dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) yang selama ini membantu Kota Bandung di kewilayahan. Dalam mendesain dan mempercantik infrastuktur wilayah melalui Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PIPPK). Ada pula juri dari Lembaga Pengembangan Tilawah al-Qur`an (LPTQ) Kota Bandung.

Untuk informasi lebih lengkap dan tempat pendaftaran lomba di Sekretariat Saritem Mural Art Festival (Smart Fest 2016) Kantor Kecamatan Andir Jalan Srigunting Raya Nomor 1 Bandung. Telepon (022) 6011304/ 0852 2028 2001/ 0813 2065 6467.

Kredit

Bagikan