Panitia PON XIX pesimistis Stadion GBLA jadi tempat pembukaan

user
Mohammad Taufik 10 Juni 2016, 07:51 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) kecil kemungkinan bisa digunakan kegiatan opening (pembukaan) dan closing ceremony (upacara penutupan) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX. Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung dinyatakan lebih siap, apalagi memang sesuai rencana awal.

Ketua harian PB PON Jabar Iwa Karniwa, mengatakan diperlukan dana yang tidak sedikit untuk memindahkan venue pembukaan dan penutupan PON dari Stadion Si Jalak Harupat ke Stadion GBLA.

"GBLA menjadi tempat opening dan closing ceremony kemungkinannya kecil. Namun GBLA bisa digunakan untuk menggelar pertandingan PON dan Peparnas karena sudah memenuhi syarat," kata Iwa yang merupakan Sekda Jabar ini di Kota Bandung, Kamis (9/6). PON sendiri akan digelar mulai 17 hingga 29 September 2016 mendatang.

Dia mengaku, bukan perkara sederhana untuk memindahkan lokasi opening dan closing ceremony dari Stadion Si Jalak Harupat ke Stadion GBLA. Terlebih, proses penentuan lokasi opening dan closing ceremony PON tersebut berkaitan erat dengan anggaran.

"Proses anggaran (untuk opening dan closing ceremony) itu diputuskan jauh sebelum GBLA selesai. Dulu GBLA terkendala masalah hukum, maka PB PON dan KONI harus segera mengambil langkah pasti berdasarkan data dan fakta saat itu," terangnya.

Terlebih, pihaknya hingga saat ini belum menerima keputusan dari pemerintah pusat terkait kemungkinan penggunaan Stadion GBLA untuk lokasi pembukaan dan penutupan PON. Oleh karena itu, lanjut dia, PB PON sampai saat ini tetap merencanakan untuk menggunakan Stadion Si Jalak Harupat untuk venue pembukaan dan penutupan PON sebagaimana rencana awal.

"PB PON sudah menganggarkan anggaran sejak 2015 lalu untuk renovasi Stadion Si Jalak Harupat dan sudah berjalan renovasinya. Jangan sampai ada masalah di opening ceremony nanti," ungkap Iwa. Dia mendorong Pemkab Bandung untuk serius mempercepat renovasi Si Jalak Harupat.

Kredit

Bagikan