Pasanggiri Seni penting bagi ruang ekspresi generasi muda

user
Mohammad Taufik 30 Mei 2016, 11:24 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menekankan pentingnya penyelenggaraan acara berbasis seni budaya seperti Pasanggiri Seni. Pasanggiri akan membuka kreativitas dan ruang ekspresi bagi generasi muda.

"Itulah perlunya sebuah festival, sebuah kompetisi yang berkelanjutan, agar mereka anak-anak muda menggali potensi," kata Deddy Mizwar yang membuka final Pasanggiri Seni Tari, Musik dan Teater tingkat Provinsi Jawa Barat di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung.

Pasanggiri yang berlangsung Sabtu-Minggu ( 28–29/5) itu diharapkan bisa berkesinambungan. Sehingga pengembangan seni tari, musik dan teater berlangsung konsisten dan semakin berkualitas.

"Ini harusnya berkesinambungan agar kualitas dan kreativitas para pelaku seni ini bisa kita evaluasi," katanya.

Pasanggiri tersebut dirancang untuk memberikan hiburan sehat, edukatif dan bernilai kultural tinggi. Pasanggiri diikuti sekitar 300 peserta. Mereka dinilai tim juri yang berasal dari kalangan akademisi, praktisi dan seniman.

Lewat pasanggiri itu, sambung Deddy, para peserta berkesempatan untuk tampil pada forum besar dan mendapatkan pengalaman seni.

"Pada kegiatan ini, seniman bisa berkreativitas sebebas mungkin, dan juga bisa menambah motivasi bagi para seniman agar lebih kreatif lagi, serta menjadi sebuah tantangan bagi seniman agar dapat berdaya saing," paparnya.

Ia berharap, Pasanggiri juga bisa mendorong ekonomi kreatif berbasis seni budaya. Pada bidang pariwisata sendiri, kegiatan Pasanggiri bisa menarik para wisatawan. Sehingga wisatawan dapat menjadi saksi kekayaan seni budaya di Jawa Barat.

Deddy kemudian berpesan kepada peserta agar terus berkarya dan mengekspresikan potensi diri. "Jujurlah dalam berkarya sehingga bisa menyentuh siapapun yang menyaksikan karya-karya anda," ujarnya.

Kredit

Bagikan