Ini tips-tips mendaftar SBMPTN 2016

user
Mohammad Taufik 04 Mei 2016, 10:45 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bagi kamu yang belum mendaftar Saringan Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 secara online, sebaiknya segeralah mendaftar. Sebab jika ditunda-tunda hingga akhir pendaftaran, akses internet dikhawatirkan sibuk.

Humas Panitia Lokal 34 Bandung SBMPTN 2016, Soni A. Nulhaqim, mengatakan ada sejumlah tips yang bisa dipakai calon peserta sebelum mendaftar SBMPTN 2016. Tips-tips tersebut adalah:

  1. Senantiasa membaca dengan seksama semua petunjuk/ketentuan di website resmi SBMPTN
  2. lakukan pencarian informasi persyaratan Prodi yang dipilih pada laman PTN masing-masing
  3. Pose pada file foto yang diunggah adalah pose foto yang biasa digunakan untuk keperluan ijazah, rapor, atau dokumen resmi lainnya dan harus berwarna
  4. Tidak mempercayai orang-orang yang menawarkan bisa membantu/mempermudah proses pendaftaran SBMPTN
  5. Secepatnya melakukan pendaftaran dan tidak mengakhirkannya untuk menghindari kepadatan akses internet
  6. Cek lokasi ujian satu hari sebelum pelaksanaan ujian
  7. Pada saat ujian hanya membawa kelengkapan yang diperkenankan saja dan harus berpakaian rapi dan sopan

Selain itu, Soni juga mengungkapkan penyandang disabilitas juga dapat mengikuti SBMPTN 2016. "Pendaftaran SBMPTN 2016 dapat diikuti oleh peserta dengan kebutuhan khusus (tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, dan tuna daksa)," katanya.

Peserta disabelitas tersebut saat mendaftar onlineharus mencantumkan keterangan mengenai jenis kebutuhan khusus yang diperlukan di kolom yang telah disediakan. "Selanjutnya peserta dengan kebutuhan khusus secepatnya datang melapor ke Sekretariat Panitia Lokal 34 Bandung," kata Soni.

Adapun persyaratan yang harus dibawa oleh peserta dengan kebutuhan khusus adalah kartu ujian, pas foto  4x6 centimeter dua lembar. Sedangkan persyaratan yang harus dibawa oleh pendamping yaitu identitas diri asli (Kartu Tanda Penduduk/ Kartu Mahasiswa) dan dua lembar fotokopi atau salinannya, serta pas foto ukuran 4x6 centimeter sebanyak dua lembar.

Peserta dan pendamping wajib melapor ke Panitia Lokal 34 Bandung paling lambat tanggal 25 Mei 2016 pukul 16.00 WIB untuk mengisi dan mendapatkan Surat Pernyataan sebagai pendamping.

Kredit

Bagikan