Akhir pekan ini Ada Festival Pesona Cirebon 2016

user
Farah Fuadona 01 April 2016, 16:41 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Cirebon memiliki kebudayaan yang luhur warisan para sultan. Warisan leluhur tersebut diantaranya hadir dalam Festival Pesona Cirebon 2016 yang berlangsung hingga Sabtu (2/4).
 
Gusti Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mengatakan, Festival Pesona Cirebon 2016 sangat penting digelar sebagai sarana promosi yang memperkenalkan Cirebon ke kancah dunia.
 
Menurutnya, selama ini kekayaan alam dan budaya Cirebon kurang dikenal terutama oleh wisatawan mancanegara. "Karena kurang promosi sehingga tidak ‘terjual’ di kalangan wisatawan dunia," ungkap Sultan, melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung.
 
Dalam kesempatan itu, Gusti Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat dan Pemainsuri Raden Ayu Syarifah Isyanata Diningrat, mendampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan untuk membuka Festival Pesona Cirebon 2016.
 
Lokasi yang menjadi titik keramaian Festival Pesona Cirebon 2016 meliputi Taman Goa Sunyaragi, Pantai Cirebon Waterland, Keraton Kasepuhan Cirebon, Alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon. Kekayaan budaya Cirebon lainnya antara lain batik Trusmi, Kraton Kasepuhan, Makam Sunan Gunung Jati.

Bangunan Kasultanan Kasepuhan Cirebon
© 2016 merdeka.com/Iman Herdiana



 
Festival kali ini mengusung tema "Strategi Promosi Wisata Cirebon Menuju Destinasi Pariwisata Unggulan". Cirebon dikenal dengan khasanah budaya yang tidak kalah dengan Bali dan Yogyakarta dan lainnya.
 
Festival Pesona Cirebon 2016 mempertunjukan kearifan bahari, seni budaya, dan religiulitas, dan kulinernya seperti panganan udang, empal gentong, nasi jamblang, tahu gejrot.
 
Keindahan alam dan nilai tradisi dan sejarah membuat Cirebon berpotensi menjadi daerah wisata unggulan Jawa Barat. Rencananya, festival tersebut akan dihadiri 20 duta besar negara, 10 keraton se- Nusantara, 20 biro perjalanan dan Dinas Pariwisata dari 30 provinsi di Indonesia.
 
Sementara Gubernur Aher optimistis dengan kemajuan pariwisata Cirebon. Sebab, tidak lama lagi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan beroperasi. Selain itu, infrastruktur Tol Cipali sudah resmi beroperasi. Pembangunan ini akan berdampak positif pada Cirebon dan sekitarnya, khususnya sebagai destinasi wisata.

Kredit

Bagikan