Perbankan Tanah Air kini Memasuki Era Digital Melalui Digitaliasi

user
Endang Saputra 02 Mei 2019, 16:56 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Era industri 4.0 telah merambah ke berbagai sektor, salah satunya adalah perbankan. Kini, perkembangan perbankan secara tak langsung dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan jaman. Salah satu upaya yang penting dari era industri 4.0 ini adalah tren digitalisasi.

Sadar bahwa digitalisasi merupakan hal penting saat ini, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengikuti tren digitalisasi yang menjadi kekuatan penting di era industri 4.0. BNI pun menciptakan New Banking Experiences.

"BNI menciptakan New Banking Experiences melalui diferensiasi channel layanan perbankan serta mengembangkan Digital Business baru lengkap dengan ekosistemnya untuk nasabah," ujar Pemimpin Divisi Solusi dan Keamanan Teknologi Informasi BNI Muhammad Faisal Jazuli pada acara Bincang Bersama Media Jawa Barat dengan tema 'Menuju Era Baru Perbankan Melalui Digitalisasi' di Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/5).

Jazuli mengatakan, upaya tersebut sejalan dengan image baru dari BNI yang bertransformasi menajdi bank digital.

"BNI sendiri sudah melakukan eksplorasi maupun eksploitasi terhadap kapabilitas teknologi yang sedang berkembang saat ini," jelasnya.

Eksplorasi yang dilakukan yaitu berkolaborasi dengan akselerator startup untuk terus mengikuti perkembangan-perkembangan terbaru dari trend teknologi, adopsi kapabilitas-kapabilitas teknologi terkini seperti Big Data, Artificial Intelligent, Internet of Things, API Management, Cloud, dan Blockchain.

Sementara itu, untuk eksploitasi kapabilitas teknologi eksisting, dengan mendigitalisasi channel-channel BNI seperti BNI Mobile Banking, SMS Banking, Internet Banking, Agen 46, social media platform, terus dikembangkan menuju omni channel.

Di antara channel-channel tersebut dapat menggunakan single sign on dan semua fitur-fiturnya saling terintegrasi. Melalui omni channel tentunya diharapkan Nasabah Bank BNI memiliki experiences dan kenyamanan yang sama.

"Selain mendigitalisasi produk dan layanan yang sudah ada saat ini, BNI juga sedang membangun bisnis digital baru, dimana kami menyediakan layanan-layanan digital. Seperti API Management Services, Virtual Account,"katanya.

Kredit

Bagikan