Promosikan produk UMKM, Pemkot Bandung akan gelar creative craft market

user
Endang Saputra 09 Mei 2018, 10:02 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) akan menggelar acara bertajuk Little Bandung Creative Craft Market di Bandung Electronic Center pada 10-13 Mei mendatang. Acara ini akan menjadi ajang promosi produk bagi seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bandung.

Kepala Disdagin Kota Bandung Eric M. Attaurik mengatakan, produk yang ditampilkan dalam acara ini merupakan produk yang telah lolos kurasi tim Little Bandung. Kriteria tersebut di antaranya, desain material dan keterjangkauan produk. Selain itu, produk itu harus bisa merepresentasikan khas Bandung.

"Sehingga nantinya bisa menjadi produk ikon Kota Bandung. Produk-produk hasil kurasi juga akan mendapatkan lebih banyak manfaat. Salah satunya adalah pendampingan," ujar Eric kepada wartawan di Balai Kota Bandung.

Eric mengatakan, saat ini, telah ada 150 produk yang telah masuk ke dalam katalog Little Bandung. Sementara itu, masih ada 6.000 produk yang masih dalam tahap pembinaan. Disdagin memberikan pendampingan menyeluruh, mulai dari desain kemasan, sertifikasi halal, hingga pembuatan hak cipta.

"Produk harus melalui proses peningkatan produk agar lolos kurasi, baru bisa masuk ke katalog. Jika yang baru-baru, kita ikutsertakan pada kompetisi nasional, seperti kemarin di Inacraft di Jakarta," katanya.

Erik menyebut bahwa, melalui program Little Bandung produk-produk Kota Bandung dipasarkan dalam berbagai metode. Strategi yang paling umum adalah Little Bandung Store dengan membuka toko khusus Little Bandung. Ada pula Little Bandung Wall yang memajang produk di salah satu dinding restoran lokal di luar negeri.

Kredit

Bagikan