Finhacks jadi ajang temukan ide aplikasi digital banking

user
Farah Fuadona 16 Agustus 2017, 12:28 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Berupaya menemukan ide-ide aplikasi digital banking yang kreatif dan inovatif, PT Bank Central Asia (BCA) menyelenggarakan kompetisi Financial Hackathon (Finhacks) #Codescape 2017. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Sentul akhir bulan Agustus ini.

Sebagai pemanasan, Finhacks 2017 memilih Bandung sebagai ajang untuk menggandeng para kawula muda dengan semangat dan kreativitas tinggi. Dengan konsep acara mini Finhacks merupakan sebagai ajang merangkul para pengembang peranti lunak dikemas dalam format sprint coding.

Senior Executive Vice President BCA, Hermawan Thendean mengatakan, Mini Finhacks digelar mengingat para developer dan praktisi TI kini memegang peran signifikan dalam dunia perbankan terlihat dari ragam produk digital banking yang bermunculan.

"Dalam pengembangan ide-ide inovasi, kami berharap para developer dapat mendengarkan kebutuhan masyarakat terhadap dunia perbankan. Inovasi digital banking yang berkaca kepada kebutuhan masyarakat, khususnya generasi milenial, yang kami harapkan dari penyelenggaraan Mini Finhacks ini," ujar Hermawan kepada Merdeka Bandung.

Bukan hanya sprint coding di Mini Finhacks Bandung, BCA bekerja sama dengan Daily Social juga menyelenggarakan talkshow bertajuk “Create Your Own Digital Bank” yang membahas bagaimana menciptakan aplikasi digital banking yang dapat membuat layanan perbankan lebih mudah, aman, dan menyenangkan bagi gaya hidup nasabah sehari-hari.

Terinspirasi oleh ide Chat Banking juara pertama Finhacks #HackbyTheBeach tahun lalu, BCA membuat inovasi baru yang diberikan nama VIRA atau Virtual Assistant Chat Banking BCA yang dapat diakses melalui beberapa aplikasi chat populer, yaitu Facebook Messenger, LINE dan Kaskus Chat.

"Melalui Mini Finhacks ini, kami berharap dapat kembali menemukan ide-ide aplikasi digital bankingyang inovatif yang mampu menjawab kebutuhan nasabah. Di Finhacks 2017 mendatang, para developer akan mengembangkanaplikasi dengan ditemani suasana segar di BCA Learning Institute, Sentul. Sesuai temanya #Codescape, yang punya makna ganda yakni code dan landscape," terang Franciscus Kaurrany, Senior Vice President BCA.

Setelah talkshow digelar, kompetisi sprint coding atau ‘balapan ngoding’ pun diselenggarakan berdurasi tiga jam untuk pengerjaan proyek aplikasi yang dilombakan oleh setiap tim. Pemenang sprint coding ditentukan berdasarkan kecepatan, ketepatan output, dan kesesuaian solusi dengan masalah.

Lima tim pemenang sprint codingmembawa pulang hadiah total Rp 20 juta sekaligus golden ticket ke babak final Finhacks #Codescape 2017 di BCA Learning Institute, Sentul.

Menciptakan aplikasi digital banking bukanlah hal mudah. Perlu menetapkan visi pengembangan agar implementasinya terarah. Berfokus pada customer experience itu penting, bisa dimulai dengan memahami kebutuhan masyarakat.

Terpenting mencoba memulai pengembangan dengan mengintegrasikan layanan bank dengan Internet of Things yang sehari-hari digunakan oleh nasabah. Kepadateman-teman developer yang mengikuti Mini Finhacks Bandung, semoga salah satu dari Anda menjadi juara Finhacks #Codescape2017.

Kredit

Bagikan