Emil ajak masyarakat perangi berita hoax

user
Muhammad Hasits 09 Februari 2017, 12:30 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyampaikan selamat Hari Pers Nasional  (HPN) yang jatuh pada 9 Februari. Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, peringatan HPN menjadi pengingat terkait fungsi pers itu sendiri.

Menurutnya, tantangan pers semakin kompleks dengan persaingan sumber informasi seiring dengan hadirnya media baru. "Yang pertama pers hari ini mendapat persaingan sumber informasi itu dari warga sendiri istilahnya citizen jurnalis, media sosial dan macam-macan. Jadi jika persnya tak bisa memegang teguh integritas dan terpercaya dia akan tergerus oleh sumber informasi yang diproduksi oleh masyarakat ‎sendiri, maka profesionalisme harus tetap menjadi nomor satu," ujar Emil kepada wartawan, Kamis (9/2).

Emil mengungkapkan, tantangan masyarakat hari ini bukanlah bagaimana memperoleh informasi, melainkan bagaimana memilah informasi. Media harus hadir sebagai sumber informasi yang kredibilitasnya dapat dipercaya.

Emil berpesan kepada institusi pers agar mencitrakan dirinya sebagai pihak yang tidak menyampaikan berita bohong (anti-hoax). Menurut dia, saat ini ada ribuan berita hoax yang tersebar di masyarakat. Disinilah peran pers untuk menjadi sumber informasi yang terpercaya bagi masyatakat.

"Sehingga tahun ini temanya akan memerangi hoax dengan mendewasakan masyatakat pengonsumsi berita. Karena ribuan berita hoax beredar, maka harusnya lihatlah media kredibel Insya Allah sumber informasi itu di sana," ujarnya.

Kredit

Bagikan