Emil pesan insan pers harus betul-betul bekerja keras di era digital

user
Endang Saputra 09 Februari 2018, 11:06 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 jatuh pada Jumat, 9 Februari ini. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, bahwa insan pers harus betul-betul bekerja keras di era digital seperti sekarang. Sebab siapapun bisa menyampaikan informasi walaupun bukan bekerja sebagai wartawan.

"Pers itu harus betul-betul kerja keras, kenapa? karena pembuat berita tidak hanya pers yang bersifat perusahaan. Semua orang bisa menjadi citizen journalist, semua bisa memposting. Medianya banyak murah meriah gratis," ujar pria yang akrab disapa Emil ini.

Menurut dia, tantangan media massa ini adalah menjadi sumber referensi yang terpercaya bagi masyarakat. Hal ini mengingat maraknya berita palsu atau hoaks yang saat ini bertebaran di dunia maya.

"Jadi kalau kita tidak bisa menjadi sumber referensi utama kita akan kalah oleh cara-cara masyakarakt mencari informasi. Maka problem hari ini bukan mencari informasi tetapi memilah. Kalau memilah kan berarti informasinya banyak. Yang dia pilih yang kredibel, terpercaya dan cepat," kata dia.

Emil menyebut bahwa faktor kecepatan menjadi hal yang penting. Sebab masyarakat saat ini banyak mengakses informasi lewat digital.

"Sehingga kecepatan dalam memberitakan dalam sebuah pemberitaan harus menjadi tantangan di perusahaan pers nasional. Tetapi tetap tiga yang penting yakni mendidik menginformasikan dan menghibur. Begitu harus seimbang," katanya.


Kredit

Bagikan