Jawa Barat bantu korban gempa Aceh sebesar Rp 4 miliar

user
Mohammad Taufik 20 Desember 2016, 15:04 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemprov Jabar menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, sebesar Rp 4 miliar. Jumlah itu berasal dari APBD Jabar Rp 2 miliar yang masuk langsung ke khas APBD Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya.

Sisanya merupakan dana swadaya dari masyarakat yang dikumpulkan melalui Baznas Jabar dan Rumah Zakat serta bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) BJB.

"Jadi yang Rp 2 miliar ini akan masuk ke APBD Pidie Jaya, kemudian Rp 1 miliar untuk pembangunan masjid, Rp 800 juta untuk pembangunan sekolah dan sisanya untuk logistik serta dapur umum," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dalam rilis yang diterima merdeka.com, Selasa (20/12).

Bantuan sudah diserahkan Ahmad Heryawan pada Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas di Posko Utama bencana, Jalan Iskandar Muda, Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Senin (19/12) kemarin.

Selain memberikan bantuan uang, Jabar juga telah mengirimkan 17 tenaga medis yang telah berada di Pidie sejak seminggu lalu. Mereka berasal dari beberapa rumah sakit pemerintah di Jawa Barat dan telah menangani korban luka-luka.

Aher, sapaan akrabnya menyatakan, Jabar dan Aceh memiliki ikatan sangat kuat sejak dulu terutama dari sisi sejarah. Selain itu masyarakat Jabar pun banyak yang berada di Aceh maupun sebaliknya.

"Persaudaraan Jabar dan Aceh itu sangat erat. Kami pun datang dengan empati yang sangat besar walaupun bantuannya tidak besar. Kami ingin menengok saudara kami di Pidie Jaya ini," imbuhnya. Dia berharap Aceh bisa kembali ke sedia kala. Bangunan yang rusak pun perlahan dibangun kembali.

Usai menyerahkan bantuan, Aher bersama Bupati Pidie Jaya, Dirut Bank BJB, Ketua Baznas Jabar dan Rumah Zakat berkesempatan mengunjungi Posko Jawa Barat Peduli Gempa Aceh yang telah didirikan di Gampong Deah Teumanah, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya yang merupakan daerah terdampak gempa cukup parah.

Aher mengapresiasi PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk yang menyumbangkan dana kemanusiaan untuk korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, senilai Rp 1 miliar.

"Dua jempol buat Bank BJB, walaupun belum hadir di Aceh tapi kepedulian Bank BJB sudah menjangkau sampai ke Aceh. Semoga apa yang kami berikan hari ini bermanfaat bagi masyarakat di sini," ujarnya.

Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas mengucapkan rasa terima kasihnya. Ia mengatakan bantuan ini akan segera disalurkan untuk korban gempa dan membangun kembali infrastruktur yang hancur. "Terima kasih, kami atas nama pemerintah Pidie Jaya merasa lega, Alhamdulillah ini sangat bermanfaat bagi kami," ujarnya.

Kredit

Bagikan