Tahun depan dua tol di Jawa Barat ini bakal beroperasi

user
Mohammad Taufik 14 Desember 2016, 10:03 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dua tol yang saat ini tengah dalam pengerjaan fisik direncanakan beroperasi pada 2017 mendatang. Dua tol tersebut yakni Soroja (Soreang-Pasirkoja) dan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi).

"Kemungkinan besar yang bakal beroperasi tahun depan itu Soroja dan Bocomi," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, di Bandung, Rabu (14/12).

Pengerjaan Tol Soroja yang menghubungkan kota dan kabupaten Bandung sebelumnya dikejar untuk penyelenggaraan PON Jabar sudah di atas 60 persen. Menurut dia pengerjaan Tol Soroja masih terkendala tanah wakaf.

"Insya Allah akhir tahun depan Tol Soroja kita harapkan selesai. Sekarang cuma ada kendala terkait tanah wakaf. Jika selesai pengerjaan bisa cepat selesai," ujarnya.

Sebab hal lain yan menjadi kendala saat ini yakni jembatan di Kampung Pantesan Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, sudah tersambung. "Jembatan, alhamdulillah sudah tersambung kondisinya untuk saat ini," terangnya.

Adapun untuk Tol Bocomi untuk seksi pertama yakni dari kawasan Ciawi hingga Lido (Bogor) akan beroperasi pada akhir 2017. Seksi satu Tol Bocimi dimulai dari Ciawi (km -750) sampai Cigombong (Lido).

Total keseluruhan panjang Tol Bocimi untuk mengentaskan kemacetan di Bogor ini yakni 54 kilometer.

Kredit

Bagikan