Pemenang Indigo Creative Nation dapat peluang modal hingga Rp 2 miliar

user
Farah Fuadona 04 November 2016, 13:21 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kesempatan menarik akan didapatkan oleh para pemenang dari program inkubator dan akselerator startup PT Telkom bertajuk Indigo Creative Nation (ICN). Pasalnya pemenang akan mendapatkan kesempatan injeksi modal hingga Rp 2 miliar.

Belum lama ini, (ICN) telah mengumumkan 13 startup terpilih dari total 300 peserta lebih untuk mengikuti program Indigo Batch II. Sebanyak 13 rintisan usaha digital terpilih dalam tiga kriteria. Yakni market validation (sudah siap menjadi mesin bisnis), product validation (pengguna menyukai aplikasi), dan customer validation (pengguna membutuhkan aplikasi).

"Kepada mereka yang terpilih akan terbuka peluang injeksi modal dari Rp 10 juta, Rp 120 juta, hingga Rp 2 miliar," ujar Arief Musta'in, EGM Divisi Digital Service PT Telkom, Pengelola ICN kepada Merdeka Bandung, Jumat (4/11).

Arief menjabarkan, program inkubasi akan berlangsung sekitar enam bulan menggunakan pendekatan metode lean startup dan agile development. Pihaknya akan memberikan pembinaan guna meningkatkan tahapan dasar customer validation menuju product validation, business model validation dan akhirnya market validation.

Inkubasi akan dibimbing tiga jenis mentor yakni resident mentor (mentor inti), visiting mentor (mentor tamu) dan Silicon Valley mentor (mentor langsung dari Silicon Valley, AS). Karenanya Indigo meminta 13 startup terpilih tadi dapat mengikuti semua program inkubasi dengan sungguh-sungguh dan bisa bekerja bersama untuk sama-sama meraih sukses.

Sementara itu, Managing Director Indigo Creative Nation, Ery Punta menambahkan, 13 startup terpilih menggenapi sembilan startup Batch I yang diumumkan pada Februari 2016 lalu. "Di tengah gencarnya berbagai program seleksi sekaligus inkubasi startup beberapa tahun terakhir ini di Indonesia, Indigo yang memasuki tahun ke tujuh, konsisten melakukan pembinaan pada rintisan usaha digital," katanya.

Menurut dia, sejak dihelat tahun 2009 hingga sekarang, startup yang mendaftar telah mencapai lebih dari 2.000 peserta. Dari jumlah tersebut yang masuk program inkubator ada 65 startup dengan sebagian sudah memperoleh mentoring intens, pendanaan, hingga diberangkatkan ke Silicon Valley.

Kredit

Bagikan