Jabar butuh banyak industri pengolahan

user
Farah Fuadona 16 Oktober 2016, 09:57 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sumber daya alam Indonesia khususnya Jawa Barat cukup melimpah. Sehingga diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan mampu mengolah bahan mentah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi lebih.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, saat ini Jawa Barat memerlukan banyak industri pengolahan. Menurutnya, pola inilah yang akan menjadi kunci kemajuan ekonomi yang pesat.

Ia pun mengajak generasi muda Jawa Barat untuk terus mengembangkan minat dan bakat menjadi pengusaha. "Kewirausahaan adalah kemandirian, apalagi ini Accounterpreneur kan, mantap ini akuntan yang jadi pengusaha," kata Aher saat membuka Seminar Nasional Accounterpreneur di Kampus Polban, Kabupaten Bandung Barat, baru-baru ini.

 “Apalagi kalau wirausaha itu bergerak pada sektor industri pengolahan, yang akan mempercepat laju perekonomian,” ujarnya.

Dengan mengolah Sumber Daya Alam seniri, sejumlah keunggulan dapat diraih. Seperti, akselerasi denyut perekonomian, terserapnya pengangguran karena dibutuhkannya SDM yang banyak, bertambahnya nilai, atau daya jual barang yang berlipat.

Ia mengatakan, jumlah pengusaha di Jawa Barat masih kurang. Di mana di suatu negara jumlah ideal pengusaha adalah 4 persen dari jumlah populasi penduduknya. Sementara di Indonesia saja secara keseluruhan masih kurang dari 2 persen.

 "Kita hari ini harus hadir jadi anak bangsa yang cerdas, inovatif yang membangun perubahan dalam diri, inovasi khususnya perubahan di negeri ini termasuk membangun industri pengolahan," kata Aher.

Kredit

Bagikan