Save The Children rangkul siswa magang agar tak tereksploitasi

Oleh Farah Fuadona pada 22 Desember 2015, 13:27 WIB

Bandung.merdeka.com - Demi meminimalisir adanya eksploitasi terhadap anak pada dunia kerja, Save The Children konsen menggarap program "Juara". Alat bantu atau tool kit untuk program Juara ini akan rampung pada awal tahun 2016 mendatang.

Menurut Belly Lesmana dari Save The Children, pihaknya tengah menjadikan delapan hotel dan restoran untuk menjadi pilot project program ini. Beberapa di antaranya adalah Holliday Inn Hotel, dan Scarlet Hotel.

"Program ini bertujuan agar perusahaan yang mempekerjakan anak-anak dari usia 18 sampai 24 tahun secara layak," ujar Belly kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Luxton Hotel, Selasa (22/12/15).

Eksploitasi kepada anak ini riskan dialami khususnya bagi mereka yang tengah melakukan magang pada suatu perusahaan. Biasanya anak magang kerap diperlakukan semena-mena oleh atasannya. Untuk itu, Save The Children sebagai penengah berupaya untuk advokasi kepada kedua belah pihak yakni perusahaan dan anak-anak yang akan bekerja untuk mengetahui aturannya seperti apa.

"Kekuatan anak magang itu rendah, mereka akan melakukan apa yang diperintahkan atasannya. Untuk itu Save The Children berupaya merangkul perusahaan untuk melakukan tindakan layak kepada anak-anak," jelasnya.

Beberapa hal yang dikhawatirkan terjadi jika tidak dalam bimbangan program Juara ini. Adalah anak magang yang bekerja selayaknya pekerja perusahaan tersebut namun dibayar dengan gaji yang sangat rendah.

"Sejauh ini kami sudah mengajak 100 anak untuk mengikuti program kami dan memahami tool kit dengan baik agar tak dimanfaatkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Targetnya kami bisa merangkul 4 ribu anak-anak hingga tahun 2016 mendatang," jelasnya.

Tag Terkait