Bakso sayur dan cendol bayam karya mahasiswa STP Bandung

user
Farah Fuadona 02 Desember 2015, 15:37 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Keragaman sumber daya alam yang terdapat di Kampung Sarongge, Desa Ciputri, Kabupaten Cianjur, memang telah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Mulai dari pemandangan alam yang menakjubkan hingga hasil buminya yang berlimpah, mampu memberikan beragam manfaat bagi perekonomian masyarakat setempat.

Salah satu produksi terbesarnya adalah di bidang pertanian sayur organik dan non-organik.

Melihat potensi tersebut, mahasiswa KKN-PPM Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung mencoba membuat terobosan kuliner baru berbahan dasar lokal.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing Kampung Sarongge sebagai daerah tujuan wisata di Jawa Barat dengan cara menghadirkan sajian menu yang unik kepada wisatawan.

"Kami berinovasi dengan membuat Vegetable Meatball yaitu bakso berbahan dasar sayuran yang diambil dari perkebunan warga," ujar Mahasiswa STP Bandung yang juga pecinta menu, Raisa dalam rilis yang diterima Merdeka.com, Senin (23/11).

Raisa menjelaskan, bakso ini lebih menyehatkan dan cocok bagi kaum vegetarian namun dengan rasa yang tidak kalah enak dari bakso daging pada umumnya.

Selain membuat Vegetable Meatball, Mahasiswa KKN STP Bandung juga menciptakan Cendol Bayam Merah.

"Cendol yang biasanya menggunakan daun suji untuk pewarna hijau kami ganti dengan buah bit dan bayam merah sehingga menghasilkan warna merah alami. Menurut ibu-ibu juga rasanya lebih nikmat dibanding cendol biasanya," ujarnya.

Kredit

Bagikan