Kartu tanda peserta wajib dicetak agar bisa ikut ujian SBMPTN

user
Muhammad Hasits 14 Mei 2016, 09:33 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Calon peserta Seleksi Bersama Masuk Pergutuan Tinggi Negeri (SBMPTN) diminta tidak melupakan mencetak Kartu Tanda Peserta. Jika calon peserta belum mencetak Kartu Tanda Peserta, maka calon peserta tersebut tidak bisa mengikuti ujian SBMPTN 2016.

Sub Bidang Humas Panitia Lokal 34 Bandung SBMPTN 2016, Soni A. Nulhaqim, mengatakan tahap terakhir pendaftaran online SBMPTN 2016 adalah mencetak Kartu Tanda Peserta. Dengan adanya Kartu Tanda Peserta maka status calon peserta resmi menjadi peserta SBMPTN 2016.

Kartu Tanda Peserta memuat nomor peserta, nama peserta, kelompok ujian, tahun ijazah, alamat peserta, pas foto peserta, jadwal pelaksanaan ujian, perlengkapan yang harus dibawa saat ujian, alamat peserta pada saat mengikuti ujian berikut nomor telepon dan lain-lain.

“Apabila calon peserta tidak mencetak Kartu Tanda Peserta, calon peserta tidak akan mengetahui informasi-informasi penting seperti lokasi dan jadwal ujian sehingga otomatis yang bersangkutan tidak akan bisa mengikuti pelaksanaan ujian,” kata Soni, Jumat (13/5).

Ia menjelaskan, Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2016 salah satu persyaratan yang wajib dibawa peserta ketika pelaksanaan ujian SBMPTN. Kartu ini juga akan digunakan ketika melakukan pendaftaran ulang SBMPTN ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipilih.

“Maka dari itu, panitia mengimbau kepada calon peserta yang telah mendaftar online dan belum melakukan cetak Kartu, untuk segera melakukan cetak Kartu Tanda Peserta sebelum pendaftaran online SBMPTN 2016 ditutup pada tanggal 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB,” ujarnya.

Berikut langkah-langkah mencetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2016 untuk calon peserta yang telah melakukan pendaftaran online namun belum cetak kartu :

1. Peserta mengakses http://pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk melakukan login dengan menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki
2. Laman pendaftaran SBMPTN 2016 akan menampilkan laman Konfirmasi Data Barang Peserta
3. Peserta memeriksa data yang telah diisi dan melakukan konfirmasi dengan meng-klik opsi “Saya Setuju” jika data yang diisikan sudah benar
4. Peserta kemudian meng-klik opsi Kartu yang tercantum di bagian bawah data pada laman Konfirmasi Data Borang Peserta
5. Laman SBMPTN 2016 akan menampilkan Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2016
6. Calon peserta meng-klik opsi Cetak untuk mencetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2016

Selain Kartu Tanda Peserta, peserta juga diharuskan menyimpan baik-baik lembar informasi KAP dan PIN baik hardcopy maupun softsopy.

Kredit

Bagikan