Waspada! BMKG prediksi hujan lebat guyur hingga akhir Maret

user
Farah Fuadona 15 Maret 2016, 11:14 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Hujan yang mengguyur wilayah Bandung Raya beberapa hari terakhir menyebabkan Kabupaten Bandung banjir hingga 15 kecamatan. Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, memprediksi curah hujan tinggi masih akan terjadi hingga akhir Maret 2016 ini.

"Maret ini puncak hujan curah tinggi yang terjadi di wilayah Bandung Raya dengan kondisi cuaca awan sedang. Kemungkinan hujan lebat masih melanda, termasuk yang di Kabupaten Bandung," kata peneliti BMKG Bandung Muhammad Iit pada merdeka.com, Selasa (15/3).

Untuk itu BMKG mengimbau pada masyarakat, terutama yang ada di wilayah Kabupaten Bandung untuk tetap waspada, terutama mereka yang ada di wilayah banjir.

"Kabupaten Bandung memang masih perlu diwaspadai. Puncak curah hujan tinggi masih terus mengguyur sampai akhir Maret, April-Mei diprediksi akan kecil lagi," ujarnya.

Saat disinggung apakah hujan lebat yang mengguyur belakangan disebabkan karena gerhana matahari total (GMT)? Iit memastikan tidak. Dampak GMT yang terjadi Rabu 9 Maret lalu pengaruhnya hanya disuhu dan tekanan saja yang terjadi saat itu. Lanjut dia GMT tidak merubah cuaca.

"Apalagi Bandung cuma sebagian (GMT), kurangan lebih dua jam. Unsur-unsur cuaca tidak pengaruh. Tidak merubah kondisi cuaca, itu hanya terjadi perubahaan saat itu saja," ungkapnya.

Kredit

Bagikan