Sebanyak 4,3 Juta balita di Jabar akan diimunisasi

user
Farah Fuadona 08 Maret 2016, 10:47 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pekan Imunisasi Nasional (PIN). PIN yang serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia dilaksanakan 8-15 Maret 2016. Sebanyak 4,3 juta balita di Jabar usia 0-59 bulan akan ikut serta dalam kegiatan ini.

Pencanangan PIN Polio di tingkat Jabar ini digelar di Kantor Bio Farma, Kota Bandung, Selasa (8/3) pagi. Secara simbolik Wagub Jabar Deddy Mizwar, beserta istri Giselawati, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melakukan penetesan imunisasi ke salah satu balita.

Turut hadir Ketua PKK Jabar Netty Kepala Dinas Kesehatan Jabar Alma Lucyati dan Dirut Bio Farma Iskandar.

"Meski Indonesia dinyatakan bebas polio pada 2014 lalu oleh WHO, tapi kita tetap antisipasi karena potensi itu ada," kata Deddy Mizwar. Dia berharap tingkat kesadaran orang tua untuk mengikut sertakan polio semakin mengingatkan pentingnya vaksin tersebut.

Alma Lucyati mengatakan, ada 52.151 pos PIN Polio yang disiapkan pihaknya. Pos itu tersebar di rumah sakit dan posyandu. Selain itu disiapkan juga pos di tempat keramaian seperti terminal dan stasiun. "Ada 137 pos tambahan yang kami siapkan," ujarnya.

Adapun kebutuhan untuk melayani balita tersebut, petugas kesehatan yang akan terlibat sebanyak 17.380 orang. "Jumlah kader yang dilatih untuk membantu pelaksanaan PIN ini sebanyak 156.423 orang," tuturnya.

Dalam pencanagan PIN Polio di Jabar, panitia menggelar beberapa hiburan seperti badut dan simbol-simbol seruan PIN Polio.


Kredit

Bagikan