Tanggulangi Covid-19, BPJAMSOSTEK Donasi Perlindungan Relawan Hingga Kirim Ribuan APD

user
Endang Saputra 19 Mei 2020, 13:40 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) ikut turun tangan dalam membantu penanganan Virus Corona atau Covid-19 di tanah air. BPJAMSOSTEK memberikan donasi untuk perlindungan relawan medis dan non medis BNPB yang berada di garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19.

Selain memberikan donasi untuk perlindungan relawan, BPJAMSOSTEK juga memberikan ribuan masker hingga APD. Ribuan karyawan BPJAMSOSTEK menyishkan sebagian penghasilannya untuk ikut membantu mengurangi dampak Covid-19.

Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Agus Susanto mengatakan, donasi perlindungan dalam dua program, yaitu JKK dan JKM (Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian), untuk para relawan yang terdaftar di BNPB. Sebanyak 8.000 relawan yang terdaftar di BNPB akan mendapatkan perlindungan dalam dua program BPJAMSOSTEK sejak April 2020. Seluruh insan BPJAMSOSTEK, yaitu 6.100 karyawan dan semua jajaran Direksi dan Dewas telah memberikan sebagian penghasilan mereka untuk donasi ini.

"Kami memberikan donasi untuk perlindungan bagi para relawan sebanyak 8 ribu orang nantinya. Saat ini baru 1.625 yang datanya sudah kami terima dan telah terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK," ungkap Agus dalam keterangan tertulisnya.

Tidak hanya itu, sejak Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi, BPJAMSOSTEK juga memberikan bantuan 128 ribu masker kepada masyarakat dan para pekerja yang terdampak. BPJAMSOSTEK juga telah menggeser anggaran operasionalnya senilai Rp300 Miliar untuk memberikan dukungan dalam bentuk program vokasional untuk peserta ter-PHK, bantuan promotif dan preventif berupa 615 ribu masker, 123 ribu vitamin dan 6.400 APD (Alat Pelindung Diri) kepada peserta BPJAMSOSTEK.

BPJAMSOSTEK akan terus berusaha menyalurkan bantuan sesuai dengan kemampuan dan tupoksi yang dimiliki, sebagai komitmen untuk mendukung pemerintah, para pekerja dan pengusaha di tengah pandemi Covid-19.

"Semoga apa yang kami lakukan dapat membantu para stakeholder dan harapan saya, situasi ini dapat cepat diatasi dan kita lalui bersama untuk membangun dan memperkuat perekonomian nasional kembali," tutur Agus.

Anggota Dewas BPJAMSOSTEK, Rekson Silaban, mengatakan pihaknya pada peringatan Hari Buruh (Mayday) 1 Mei yang lalu juga telah memberikan bantuan paket sembako senilai Rp2,25Milyar dan APD. Dirinya menaruh harapan para pekerja yang terdampak dapat bertahan melewati kondisi ini.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bandung Suci Tidar Yantor Haroen mengungkapkan, sebagai langkah percepatan pencegahan dan penanganan Covid-19, BPJAMSOSTEK di daerah, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan 500 pcs face shield dan 75 set baju APD kepada Pemerintah Kota Bandung untuk akselerasi penanganan Corona Virus Disease 19.

Pemberian bantuan telah diserahkan dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Selaku Koordinator Bidang Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 19 Kota Bandung, Ir. Hj. Elly Wasliah.

Kredit

Bagikan