Tahun Ini, Jalur Kereta Api Menuju Pangandara Bakal Kembali Diaktifkan

user
Endang Saputra 03 Januari 2019, 10:42 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tahun ini, rencana reaktivasi atau mengaktifkan kembali jalur kereta api menuju Pangandaran akan dilakukan. Rencana untuk melakukan reaktivasi jalur kereta api yang menghubungkan stasiun Banjar - Pangandara hingga Cijulang memiliki jalur sepanjang 82 kilometer.

"Rencana jalur sampai Pangandara akan di reaktivasi. Doakan saja mudah-mudahan bisa menjalankan itu. Saya kira masyarakat daerah perlu juga punya akses yang mudah untuk menjangkau ke kota-kota besar," ujar Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro kepada Merdeka Bandung, Rabu (2/1).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, pihaknya mendukung upaya reaktivasi jalur Pangandaran. Hingga saat ini, sudah dilakukan perencanaan yang menuju para arahan Dirut KAI dan melakukan penertiban serta data inventarisasi lahan-lahannya kembali.

"Reaktivasi ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan opsi moda transportasi. Peran Pemprov sendiri sudah melakukan beberapa perencanaannya dan nanti kita bantu penertibannya ada perubahan trase atau apa nanti akan kita usulkan," kata Dedi.

Dilakukannya reaktivasi jalur Banjar - Pangandaran hingga Cijulang ini menghadirkan moda transportasi bagi masyarakat. Dengan begitu, bagi mereka yang ingin melancong ke Pangandaran bisa menggunakan kereta api dan tak perlu khawatir dengan kemacetan di jalan raya yang kerap terjadi khususnya pada musim liburan.

Kredit

Bagikan