Wali Kota Bandung ajak ASN bantu korban gempa di Palu

user
Muhammad Hasits 01 Oktober 2018, 16:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Oded Mohomad Danial menyampaikan bela sungkawa atas musibah gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah. Pemkot Bandung berkomitmen untuk turut berkontribusi memberi bantuan kemanusian untuk warga Palu dan Donggala yang menjadi daerah terparah akibat gempa bumi.

"Saya mengimbau kepada ASN Kota Bandung bahkan juga tidak terbatas hanya ASN akan tetapi juga kepada masyarakat untuk berkontribusi mengumpulkan sebagian harta yang kita miliki, yang Allah berikan kepada kita untuk membantu musibah yang terjadi di Palu dan Donggala," ujar Oded kepada awak media di Balai Kota Bandung, Jalam Wastukancana, Senin (1/10).

Oded mengatakan, penggalangan donasi untuk korban bencana Palu ini akan dilakukan selama dua hari. Untuk pengumpulan donasi akan dikoordinasikan oleh Kabag Kesra yang bekerjasama dengan lembaga sosial.

"Ini secara teknis akan dikoordinasi dengan kabag kesra kemudian kerjasama dengan lembaga zakat infaq sodaqah yaitu rumah zakat Indonesia. Dua hari saya berharap itu sudah terkumpul insyallah akan diumumkan (donasi)," katanya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkot Bandung, Tatang Muchtar mengatakan pengumpulan donasi ASN Pemkot Bandung untuk korban bencana bukan pertama kali. Sebelumnya saat gempa bumi di Lombok terjadi, pihaknya juga mengumpulkan donasi.

"Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya sebagaimana halnya di Lombok, nanti ditindaklanjuti apa yang sudah diimbau oleh Pak wali kota ini.  Oleh diskominfo juga melalui SMS blast untuk pemberitahuan karena cepat dan kita juga sudah punya media soaial ya. Untik teknisnya kita siapkan posko nanti, jadi teman teman dari rumah zakat akan stand by selama dua hari ini dan mudah-mudahan menurut pengalaman selama dua hari itu sudah terkumpul dari semua OPD, dan kita laporkan ke pimpinan," ucap Tatang.

Tatang berharap, banyak ASN yang berpartisipasi dalam pengumpulan donasi untuk korban gempa bumi di Palu. Dia berharap masyarakat juga dapat ikut berdonasi menyumbangkan sebagian rezekinya.

"Untuk masyarakat kami juga mengimbau menyalurkan ke lembaga-lembaga yang ada di kota Bandung, karena banyak lembaga-lembaga yang melakukan pengumpulan seperti di samping Rumah Zakat, ada dompet dhuafa, ACT, dan lain-lain. Jadi untuk Kota Bandung yang dihimpun melalui kesra di lingkup ASN kota Bandung mulai hari ini sampai besok," katanya.

Kredit

Bagikan