Sambut HUT RI ke-73, Dispora Kota Bandung siapkan pelajar jadi Paskibra

user
Endang Saputra 15 Agustus 2018, 11:43 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kota Bandung terus melakukan persiapan untuk menyambut peringatan ke-73 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) juga telah siap melaksanakan tugasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung Dodi Ridwansyah mengatakan, khusus untuk pengibar bendera, Dispora Kota Bandung telah merekrut siswa SMA/SMK untuk menjadi Paskibraka. Para siswa tersebut nantinya akan mengibarkan bendera Merah Putih di Balai Kota Bandung.

"Sebanyak 100 orang kita seleksi. Selain untuk Kota Bandung, ada juga siswa yang akan melaksanakan tugas di tingkat provinsi dan nasional," ujar Dodi kepada wartawan di Balai Kota Bandung.

Dodi menjelaskan, rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan dimulai dengan serah terima bendera di Gedung Sate hari ini. Setelah itu, ada pengukuhan anggota Paskibraka pada sore harinya. Sedangkan pada 16 Agustus, DPRD Kota Bandung akan menggelar Rapat Paripurna dalam Rangka Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Gedung DPRD Kota Bandung. Puncaknya, pada Jumat akan digelar upacara pengibaran bendera di Plaza balai Kota Bandung Jalan Wastukancana.

"Rencananya, Pak Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil akan menjadi pembina upacara. Sedangkan pembacaan teks Proklamasi akan dilakukan oleh saya sendiri dan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Edi Marwoto," kata dia.

Menurut Dodi, berbagai unsur akan mengikuti upacara peringatan HUT RI ke 73. Mulai dari para Aparatur Sipil Negara, Legiun Veteran Republik Indonesia, dan dan beberapa unsur masyarakat. Upacara juga akan dimeriahkan dengan beberapa kesenian khas Sunda. Dodi mengungkapkan, di sore harinya, akan dilaksanakan upacara penurunan bendera.

Kredit

Bagikan