Oded janji cetak 60 ribu wirausaha baru di Bandung

user
Muhammad Hasits 04 Juni 2018, 15:29 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota nomor urut 3 Oded M. Danial dan Yana Mulyana, menjanjikan akan mencetak 60 ribu wirausaha baru lewat program OYA Preneur. Program OYA Preneur digagas sebagai suatu gerakan untuk menumbuhkembangkan dunia usaha di Kota Bandung.

Calon wali kota Bandung, Oded Muhammad Danial mengatakan, berdasarkan data dari BPS bahwa jumlah pelaku usaha di kota Bandung idealnya memiliki sekurangnya 8 persen dari jumlah penduduk kota Bandung sebesar 2,4 juta jiwa atau sekitar 180 ribu pelaku usaha. Sementara saat ini Kota Bandung baru memiliki 4 persen atau 90 ribu pelaku usaha.

"Artinya kita masih kekurangan sekitar 90 ribu pelaku usaha. Untuk itu melalui gerakan ini diharapkan bisa menutupi kekurangan dari angka ideal," ujar Oded kepada wartawan, Minggu (3/6).

Oded mengatakan, gerakan wirausaha baru ini akan dimulai dari setiap kecamatan. Dia menargetkan ada 2 ribu wirausaha baru di setiap kecamatan di Kota Bandung.

"Kita menumbuhkan 2.000 wirausaha baru per kecamatan dalam 5 tahun mendatang. Jika di Bandung yang saat ini memiliki 30 kecamatan maka diharapkan dalam 5 tahun mendatang akan tumbuh 60 ribu usaha baru di Kota Bandung," katanya.

Oded berharap program OYA Preneur hadir menjadi sarana pengembangan masyarakat agar mampu memulai usahanya. Salah satu hal yang perlu dilakukan yakni pembinaan secara intensif. Setelah wirausaha baru berhasil dilahirkan lanjut Oded maka tantangan besar untuk bertahan kemudian berkembang.

"Untuk itu kita berkomitmen untuk terus menggulirkan pelatihan di setiap kecamatan agar jangan sampai terhenti. Kita akan menyediakan wadah khusus dan menganjurkan bagi para enterpreneur baru senantiasa aktif berkomunikasi. Oleh karena itu lembaga di 30 kecamatan harus terus berjalan, dan mereka dibikin sebuah komunitas dan terus diperkuat," ungkapnya.

Kredit

Bagikan