Ibu menyusui berpuasa, jangan lupa minum air 3 liter setiap hari

user
Endang Saputra 20 Mei 2018, 11:57 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Meski dianjurkan untuk tidak menjalankan ibadah puasa bagi para ibu menyusui, namun tidak ada salahnya bagi mereka yang justru ingin menjalankan puasa saat Ramadan.

Bagi ibu menyusui yang ingin menjalankan ibadah puasa, sebaiknya memperhatikan betul konsumsi cairan. Ibu yang sedang menyusui wajib mengkonsumsi dua hingga tiga liter air setiap harinya.

Kepala Divisi Obstetri dan Ginekologi Sosial Rumah Sakit Hasan Sadikin, Dini Hidayat, dr.,SpOG(K), MKes mengatakan, selain mengkonsumsi makanan bergizi dengan menu yang lengkap, konsumsi cairan sangatlah wajib.

"Minum itu takarannya dua sampai tiga liter perhari untuk ibu yang sedang menyusui namun ingin berpuasa. Soalnya, ibu yang sedang menyusui membutuhkan asupan cairan yang jauh lebih banyak," ujar Dini kepada Merdeka Bandung saat ditemui di RSHS, belum lama ini.

Untuk konsumsi cairan, sebaiknya mengkonsumsi air mineral dibandingkan dengan air berperasa seperti minuman kemasan. Minuman berkarbonasi juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Selain itu, menjaga pola makan yang seimbang sangatlah dianjurkan. Ibu menyusui membutuhkan jumlah kalori 500 gram lebih banyak ketimbang wanita normal.

"Jumlah kalori yang dibutuhkan mencapai 2.700 hingga 2.800 kalori, lebih banyak 500 kalori dibandingkan dengan wanita yang sedang tidak menyusui. Untuk itu perhatikan pola makan dan jumlah asupan kalori setiap harinya," jelas dia.

Saat menyusui, ada baiknya untuk menghindari makanan tidak sehat seperti jajanan-jajanan yang ada dipinggiran jalan. Konsumsi makanan seimbang seperti karbohidrat, serat, serta lemak harus diperhatikan.

Meski tidak ada larangan bagi ibu menyusui untuk berpuasa, Dini menyarankan untuk para ibu memperhatikan kondisi kesehatan. Soalnya pada waktu menyusui merupakan momen yang melelahkan.

Terlebih, anak yang belum masuk pada tahap Makanan Pendamping ASI (MPASI) tentunya akan lebih sering mengkonsumsi ASI ketimbang mereka yang sudah menjalani tahap MPASI yang dalam hal ini berarti usia enam bulan.

"Kalau menurut agama saja diperbolehkan untuk tidak berpuasa, tidak usah memaksakan. Ada baiknya untuk menjaga kesehatan demi kualitas ASI yang baik untuk buah hati. Konsumsi makanan bergizi seimbang dan air mineral yang banyak," katanya.

Kredit

Bagikan