Sejumlah hotel di Bandung ini akan daur ulang sabun mereka

user
Mohammad Taufik 03 Oktober 2017, 11:38 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sejumlah hotel di Kota Bandung yang akan mendaur ulang sabun mereka lalu mendistribusikannya ke komunitas-komunitas masyarakat sekitar. Menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) mereka akan bekerja sama dengan Diverse, perusahaan cleaning industry, lalu meluncurkan program 'Soap For Hope'.

AccorHotels, yang terdiri dari Grand Mercure Bandung Setiabudi, Novotel Bandung, Mercure Bandung City Center, ibis Styles Bandung Braga, ibis Bandung Trans Studio, ibis Bandung Pasteur, dan ibis Budget Bandung Asia Afrika akan terlibat dalam program ini.

Dalam rilis yang diterima merdeka, program ini bertujuan untuk menyelamatkan hidup dengan memberikan sabun ke komunitas yang tidak memiliki atau kesulitan mendapatkan sabun. Menyediakan mata pencaharian kepada komunitas lokal melalui mendaur ulang sabun, dan membantu hotel dalam mengurangi sampah dan melindugi lingkungan melalui daur ulang sabun.

Pada kegiatan kali ini AccorHotels akan menyelenggarakan program Soap for Hope di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) cabang Bandung yang beralamat di Jalan Taman Curie nomor 23 Bandung.

Program ini akan diresmikan di YKAKI-Bandung, dihadiri General Manajer iBis Bandung Patrick Sibourg dan Ketua Pengurus Yayasan Maria Dwi Aquarina. Di acara ini akan dilakukan proses daur ulang sabun yang dimulai dengan sabun dipotong-potong menjadi bagian kecil-kecil.

Setelah itu ditimbang sampai mencapai berat tertentu yang diperlukan untuk membuat sabun baru. Baru setelah itu diberikan sanitasi berbahan dasar khlorin dari Diversey untuk membersihkan sabun tersebut.

Kemudian sabun yang sudah dipotong direndam di cairan khlorin sampai sabun terlihat lebih lunak. Lalu dimasukkan ke alat cetakan untuk membuat sabun baru menggunakan alat yang diciptakan oleh Diversey tanpa energi listrik sama sekali.

Rencananya proses pendaurulangan sabun ini akan digiatkan oleh para pengurus yayasan dan para orang tua yang sedang berada di rumah singgah tersebut. Sabun diharapkan dijadikan souvenir ataupun dijual kepada berbagai pihak dimana hasil penjualannya dapat dijadikan mata pencaharian oleh para orang tua yang berada di rumah singgah YKAKI-Bandung.

Tidak hanya itu, program ini sangat berguna bagi hotel-hotel AccorHotels yang ada di Bandung untuk mengurangi sampah atas barang yang tidak terpakai.

Diharapkan dengan program yang berkesinambungan ini dapat menciptakan lingkungan yang leibh baik, masyarakat yang lebih sejahtera, dan dapat menginspirasi para masyarakat untuk menggiatkan kegiatan CSR yang sama atau bahkan lebih baik lagi.

Kredit

Bagikan